Selain Israel, Berikut 7 Negara yang Membenci Indonesia

BNews-NASIONAL– Indonesia adalah salah satu negara yang tidak terikat dengan kelompok militer atau non-blok di dunia; sehingga Indonesia jarang terlibat dalam konflik dengan negara lain.

Hal ini didukung oleh posisi geografis Indonesia di Asia Tenggara yang selalu mengambil jalur politik netral dalam berbagai hal.

Namun demikian, Indonesia tetap memiliki musuh dan pembenci. Ada beberapa negara yang membenci Indonesia dan memiliki alasan mereka sendiri; mulai dari masalah perang, ekonomi, hingga campur tangan dalam masalah Papua Barat.

Tidak ada alasan untuk kaget karena ada negara tetangga yang sebenarnya membenci Indonesia, meskipun negara itu banyak dihuni oleh masyarakat Indonesia.

Beberapa negara tersebut bahkan tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya yang dikutip dari berbagai sumber.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
  1. Vanuatu
salah satu bagian negara republik vanuatu
salah satu bagian negara republik vanuatu

Negara pertama yang membenci Indonesia adalah Vanuatu. Negara ini berada di Kepulauan Pasifik yang berdekatan dengan Australia; dan merupakan negara pendukung kemerdekaan Papua Barat.

Mereka sering menyuarakan pendapat mereka dalam forum PBB. Ambassador Indonesia, Silvani Pasaribu; menuduh Vanuatu memiliki obsesi berlebihan dan tidak sehat terhadap Indonesia karena sering campur tangan dalam masalah Papua Barat.

Hampir setiap tahun, Vanuatu membahas pelanggaran HAM di Papua dalam sidang PBB.

  1. Israel

Indonesia selalu menentang Israel sejak konflik dengan Palestina. Indonesia bahkan mengutuk berbagai; tindakan Israel terkait konflik perbatasannya dengan Palestina.

Mereka bahkan telah dicap sebagai penjajah. Amerika sering menyarankan agar Indonesia membangun hubungan diplomatik dengan Israel, namun Indonesia dengan tegas menolak.

Indonesia memilih mempertahankan solidaritas dengan Liga Arab dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

  1. Kepulauan Solomon

Kepulauan Solomon adalah salah satu negara yang membenci Indonesia terkait isu Papua Barat.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Negara ini berada di timur Papua Nugini dan mendorong PBB untuk menyelidiki pelanggaran HAM di Papua Barat.

  1. Saint Vincent dan Grenadines

KLIK DISINI UNTUK LANJUT MEMBACA

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: