Selamat, Muntilan Dapat Serfikat Adipura

  BNews–MAGELANG– Tahun ini Pemerintah Kabupaten Magelang kembali gagal mendapatkan piala adipura. Namun, peringkat kebersihan meningkat karena mendapatkan sertifikat adipura kategori kota kecil dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.
Pemkab Magelang sendiri mengajukan Kecamatan Muntilan untuk kategori ini. ”Ini prestasi awal yang membanggakan. Kedepan kita targetkan mendapatkan piala adipura,” kata Bupati Magelang Zaenal Arifin.
Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Agus Liem mengatakan penghargaan ini tidak lepas dari kerja keras pihaknya untuk menciptakan kota Muntillan yang bersih. ”Butuh kerja keras lagi agar sertifikat akan meningkat menjadi piala Adipura,” ujarnya.
            Pihaknya berharap kerjasama dari masyarakat untuk memperhatikan sampah terutama ditempat-tempat umum. Karena, penilaian terhadap adipura lebih mengutamakan di tempat-tempat umum. ”“Dalam pengelolaan sampah, secara bertahap terus di benahi,” sebutnya.
Menurutnya, persoalan utama gagalnya Kabupaten Magelang mendapatkan adipura adalah terkait penyiapan tempat pembuangan akhir sampah. DImana, saat ini, masih menggunakan sistem konvensional.
Padahal, penilaian nasional Adipura semakin ketat. Dimana, kementrian terus mendorong pemenuhan ketentuan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, yaitu menggunakan kriteria TPA yang operasionalnya minimal Controlled Landfill (lahan urug terkontrol). (tri)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: