Serentak !!! Masyarakat Lereng Merapi Dukun Magelang Donasi Untuk Semeru

BNews–MAGELANG– Rasa empati dirasakan juga oleh masyarakat lereng merapi terhadap bencana alam awan panas semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Mereka adalah masyarakat di wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

Masyarakat di lereng merapi ini dengan kompak dan sukarela memberikan donasi berupa uang. Dimana donasi tersebut dikoordinir oleh masing-masing Kantor Desa yang berjumlah 15 Desa.

Dan pada Rabu pagi tadi (15/12/2021) melalui Paguyuban Kepala Desa Lereng Merapi Kecamatan Dukun berangkat mengantarkan bantuan. Total dana yang terkumpul sebear Rp 217.660.000.

“Aksi ini merupakan sebagai bentuk kepedulian dari masyarakat lereng merapi, khususnya di wilayah Kecamatan Dukun terhadap musibah yang melanda Lumajang. Jadi rasa tenggang rasa masyarakat disini ingin merasakan apa yang dialami saudara kita di Lumajang, karena kita juga ada Merapi dan pernah mengalami juga,” Kata Nurbiyanto selaku ketua Paguyuban Kepala Desa Lereng Merapi Kecamatan Dukun Magelang.

Ia juga mengungkap, atas dasar kepedulian tersebut maka muncul secara spontanitas masyarakat di lereng merapi ini untuk membantu. “Jadi paska terjadi erupsi semeru tersebut maka pihak Desa dan masyarakatnya ingin membantu. Penggalangan dana dikoordinir masing-masing RT/RW ataupun Kepala Dusun yang dikumpulkan jadi satu di Desa,” ungkapnya.

Dan Alhamdulillah, lanjutnya karena di Semeru adalah bencana yang pernah dirasakan di Merapi maka masyarakat semangat untuk membantu dengan berdonasi. “Alhamdulillah donasi yang dikumpulkan masing-masing desa juga tidak sedikit. Total sekitar Rp 200 juta lebih,” tegasnya.

Ditanya kenapa yang dikumpulkan adalah donasi uang, Nurbiyanto menjelaskan bahwa pihaknya menerima laporan dari Lumajang bahwa logistik sudah mencukupi. “Maka dariitu agar lebih efektinya bantuan masyatakat diarahkan dalam bentuk uang,” ujarnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Ia berharap dengan bantuan dari masyarakat merapi ini agar meringankan beban masyarakat. “Ya intinya kami perwakilan yang datang kesana untuk memberikan spirit. Dan dari donasi yang ada mampu bisa meringankan beban warga,” harapnya.

Nurbiyanto juga menyampaikan atas nama paguyuban kepala desa ini terima kasih kepada masyarakat di Dukun atas kepeduliannya. “Terima kasih atas respon yang diterima dengan baik, yakni dengan mengeluarkan sedikit harta kekayaanya membantu warga di Semeru. Saya harap dengan keiklaskan dan kerelaan masyarakat tersebut, semoga dibalas Allah,” tandasnya.

Sementara itu ikut melepas rombongan perwakilan Paguyuban Kepala Desa ke Semeru yakni Camat Dukun Nur Iman. Ia juga menyampaikan tanggapan terkait bantuan tersebut.

“Yang jelas ini berkat tergeraknya hati nurani kita, karena kita juga punya Gunung Merapi  yang pernah merasakan bencana erupsi. Jadi adanya bencana di semeru itu warga di Dukun ini tergerak untuk membantu,” tambahnya.

Dan Alhamdulillah, kata Nur Iman para Kepala Desa di Kecamatan Dukun ini bergerak mengkoordinir donasi dari masyarakat. “Donasi ini nanti akan diarahkan ke Pendopo Bupati Lumajang, disana juga sebagai posko penerima bantuan. Dan ini bantuan kesana karena antar instansi pemerintahan,” ungkapnya.

“Dan semoga bantuan dari masyarakat dukun ini mempu meringankan para korban bencana semeru,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!