Simak Sejarah Bendera Merah Putih Lambang Negara Indonesia

BNews—NASIONAL—Bendera dipergunakan sebagai lambang atau tanda suatu negara. Termasuk salah satunya adalah Negara Indonesia yang memiliki bendera negara Sang Saka Merah Putih.

Bendera Bangsa Indonesia, dengan bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih ini merangkum berbagai nilai-nilai. Yakni nilai kepahlawanan, patriotisme, dan nasionalisme.

Dikutip Borobudur News dari Wikipedia, warna merah dan putih pada bendera negara diambil dari warna panji atau pataka Kerajaan Majapahit. Kerajaan ini berpusat di Jawa Tmur dan menjadikan bendera dengan warna merah putih sebagai lambang kebesarannya pada abad ke-13.

Konon sebelum Kerajaan Majapahit, Kerajaan Kediri sudah menggunakan warna merah putih sebagai panji kerajaan. Bahkan bendera perang Sisingamangaraja IX dari Tanah Batak juga memakai warna merah dan putih.

Pada awal abad ke-20, para pelajar dan kaum nasionalis menggunakan bendera yang dinamakan Sang Merah Putih. Setelah perang dunia II dan Indonesia sudah merdeka, bendera merah putih mulai digunakan sebagai bendera nasional.

Bendera Sang Saka Merah putih pertama kali dikibarkan di Indonesia pada 17 Agustus 1945 saat proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Bendera merah putih mempunyai makna khusus, merah berarti berani dan putih berarti suci.

Merah juga melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia, keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan. Ditinjau dari sejarah, sejak dahulu warna merah dan putih mengandung makna suci.

Warna merah mirip dengan warga gula jawa dan warna putih mirip dengan warna nasi. Kedua bahan ini adalah bahan utama dalam masakan Indonesia, terutama di pulau Jawa. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: