IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Simak Tips Lolos Prakerja Gelombang 8

BNews—TIPS—Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 8 resmi dibuka mulai Kamis, (10/9/2020). Hal ini menjadi kesempatan bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Hingga kini, kuota prakerja masih ada sekitar 1,8 juta dari target sebanyak 5,6 juta. Terkait pendaftaran, bagi peserta gelombang 7 yang belum lolos dapat langsung bergabung ke gelombang 8.

Namun, bagi warga yang belum memiliki akun atau belum pernah mengikuti, dapat membuat akun Prakerja di situs www.prakerja.go.id kemudian mengikuti instruksi yang ada.

Berikut ini tips lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 8 yang dilansir dari beberapa sumber.

Lihat kuota gelombang

Setiap seleksi gelombang mempunyai periode tertentu dan kuota. Pada saat proses pendaftaran, sebaiknya segera ikut seleksi gelombang agar dapat masuk ke kuota.

Cek Kesesuaian antara Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK)

Loading...

Ada beberapa penyebab yang membuat pendaftar gagal atau tidak lolos seleksi Prakerja. Diantaranya yakni ketidaksesuaian antara Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK).

Apabila mengalami hal tersebut, sebaiknya segera menghubungi atau mendatangi kantor Dukcapil di wilayah masing-masing.

Penyebab  gagal lainnya adalah kemungkinan pendaftar masuk dalam kelompok yang dilarang mendaftar. Sesuai Permenko Nomor 11 Tahun 2020, tujuh kelompok yang tidak dapat menerima Kartu Prakerja yakni Pejabat Negara, pemimpin dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota kepolisian, Kepala dan perangkat desa, Direksi, komisaris dan dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.

Ada juga penyebab lain, yakni pertimbangan pendaftar terdampak pandemi Covid-19 atau tidak.

Lolos beberapa layer verifikasi data

Pendaftar harus lolos beberapa layer verifikasi data, mulai dari verifikasi email, nomor ponsel, NIK, usia, riwayat pendidikan, sampai facial recognition melalui foto selfie yang telah dilakukan masing-masing pendaftar. Gunakan email dan nomor ponsel yang masih aktif.

Download Aplikasi BorobudurNews (Klik Disini)

Perhatikan saat pengambilan foto

Swafoto atau foto selfie harus memenuhi ketentuan, antara lain seluruh bagian muka tampak lurus menghadap kamera. Kemudian atur kecerahan foro agar tidak terlalu terang maupun tidak terlalu gelap.

Bila pendaftar memiliki poni atau rambut panjang, rapikan terlebih dahulu agar tidak menutupi wajah. Sebab hal tersebut dapat mempengaruhi verifikasi foto Kartu Prakerja. Sebelum ber-swafoto, hindari pemakaian aksesoris seperti kacamata, topi atau penutup kepala kecuali jilbab atau hijab.

Jangan menggunakan masker saat swafoto agar wajahnya terlihat jelas. Kemudian pencahayaan foto agar tidak ada bayangan di background dan ambil foto dalam posisi portrait serta berlatar belakang polos.

Mengisi Surat Pernyataan Gagal 3 Kali

Mengutip dari akun instagram @prakerja.go.id, bagi pendaftar yang gagal hingga tiga kali dalam mendaftar gelombang prakerja dapat mengadukan masalah tersebut ke Prakerja.

Caranya yakni mengisi surat pernyataan dengan benar yang dapat diunduh di https://bit.ly/suratpernyataangagalprakerja. Kemudian surat yang telah diisi, dikirim ke alamat email [email protected]

Setelah terkirim, Manajemen Pelaksana Prakerja akan melaksanakan pengecekan lebih lanjut. Bila gagal seleksi gelombang karena kuota habis, peserta dapat mengikuti seleksi periode gelombang berikutnya dan tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: