SMK Muhammadiyah Dukun Gelar In House Training Demi Tingkatkan Kompetensi Guru

BNews– MAGELANG – SMK Muhammadiyah Dukun menyelenggarakan In House Training (IHT) “Pengembangan KTSP” kemarin (31/5/2021). Pelaksanaannya sendiir dilakukan secara hybrid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, sekaligus sebagai pemenuhandokumen 2 dan dokumen 3 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Sehat Kandiawan S.Pd,M.Pd, dari SMK Negeri 6 Purworejo sekaligus Guru senior mantan waka kurikulum yang sudah sangat memahami tentang seluk beluk penyusunan dokumen KTSP, dipilih sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut. Sebelum memulai materi, dia menjelaskan sekaligus menepis kabar yang beredar di masyarakat tentang adanya perubahan kurikulum. Kandiawan mengatakan bahwa tidak ada perubahan kurikulum melainkan hanya disempurnakan saja.

Kepala SMK Muhammadiyah Dukun, Erlitasari, S.Pd., menyampaikan, dengan adanya IHT diharapkan  para guru di SMK Muhammadiyah Dukun dapat menyusun perangkat pembelajaran dengan baik yang nantinya dapat melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.

“Saya harap setelah diadakan IHT ini, teman-teman SMK Muhammadiyah Dukun bisa menyusun perangkat pembelajaran yang baik karena perangkat ini sebagai salah satu dokumen perencanaan. Jika perencanaannya baik maka pelaksanaannya akan sukses dan nantinya kita bisa memperoleh hasil yang terbaik. Selain itu, IHT bertujuan supaya kita tidak kerja dua kali dimana kita bisa memperolah ilmu cara menyusun dokumen KTSP sekaligus untuk merpersiapkan kegiatan belajar mengajar.”

Terdapat tiga materi inti dari kegiatan ini yaitu cara menyusun e-KTSP, perangkat mengajar, dan sistem blok. Semua disampaikan oleh Kandiawan secara runtut, jelas, dan mudah dipahami.

Ia menyebutkan bahwa dalam merancang perangkat pembelajaran yang baik harus terdapat output yang jelas yaitu siswa bisa memahami, menjelaskan, serta mengaplikasikan pembelajaran ke dalam kehidupan nyata.

Erlitasari menambahkan, dengan adanya penjelasan dari Kandiawan yang sudah ahli dalam menyusun perangkat pembelajaran; tentunya dapat mempermudah jalan SMK Muhammadiyah Dukun dalam pelaksanaan penyusunan e-KTSP.  (vir/bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: