Soal Dusun Dusun yang Lockdown, Bupati Magelang Minta Jangan Berlebihan

BNews–MUNGKID- Pemerintahan Kabupaten Magelang keluarkan surat edaran kepada seluruh camat di wilayahnya kemarin (2/4/2020). Hal tersebut terkait arahan dan pembinaan terhadap pos pemeriksaan mandiri covid-19 oleh masyarakat Magelang.

Dalam surat bernomor 440/1211/01/01/2020 ini berhubungan juga dengan meningkatnya jumlah pemudik yang kembali ke Kabupaten Magelang. Dan tentunya maraknya pos pemeriksaan mandiri di dusun-dusun atau lingkungan-lingkungan di Kabupaten Magelang.

Terdapat 7 hal yang disampaikan dan menjadi perhatian seluruh masyarakat di Kabupaten Magelang. Dan berikut point dan intinya :

  1. Memberikan apresiasi kepada Camat, Kepala Desa/Kelurhan dan masyarakat yang telah berperan aktif melakukan upaya nyata dalam pencegahan dan penanganan covid-19 di lingkungannya.
  • Terhadap pendirian pos pemeriksaan mandiri covid-19 oleh masyarakat, Kepala Desa diminta melakukan pengarahan dan pembinaan. Yakni agar pos tersebut memperhatikan protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan petugas kesehatn setempat.
  • Tidak menutup akase/jalan masuk secara berlebihan.
  • Dalam melakukan pemeriksaan terhadap pendatang agar tetao menjaga kenyamanan, ketertiban dan ketentraman amsayarakat.
  • Dalam melakukan desinfeksi terhadap pendatang agar tidak melakukan penyemprotan langsung ke tubuh dengan bahan yang berbahaya bagi kesehatan.
  • Petugas pos pemeriksaan mandiri agar menggunakan masker/alat pelindung diri serta menjaga jarak aman.
  • Apabila dalam pemeriksaan menemukan pendatang yang memiliki gejala yang mengarah ke covid-19, segera sampaikan ke petugas kesehatan setempat. Hal ini agar segera dilakukan tindakan penanganan.

Surat tersebut ditanda tangani langsung Sekda Magelang Adi Waryanto, atas nama Bupati Magelang. Dan edaran tersebut sudah dibagikan kepada seluruh camat se Kabupaten Magelang. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: