Pemkot Magelang Serahkan Kunci Kios ke Pedagang Shelter Ngesengan

BNews—MAGELANG— Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz secara simbolis menyerahkan kunci kepada penyewa kios Shelter Ngesengan. Acara digelar di Aula Kantor Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Mikro (DPPKUM) Kota Magelang, Senin (18/3/2024).

Aziz mengatakan, kunci kios akan langsung diberikan kepada penyewa yang sudah membayarkan uang sewanya untuk jangka waktu dua tahun. Bagi yang belum membayar diberi jangka waktu hingga sepekan ke depan.

Adapun besaran uang sewa yang harus dibayarkan rata-rata sebesar Rp14 juta (untuk kios bawah) dan Rp10 juta (untuk kios atas) per dua tahun. Harga sewa shelter Ngesengan tergolong murah karena letaknya strategis, bangunannya baru dan banyak fasilitas diantaranya parkir, toilet, food court, mushola, listrik, air, dan lainnya.

“Kunci akan kami berikan setelah sewanya dibayar. Jangka waktu sewa minimal dua tahun dan nanti bisa perpanjang,” ujarnya.

Dia menuturkan, pihaknya berkomitmen setelah membangunkan shelter ini menjadi lebih baik, para penghuninya tetap sama seperti sebelumnya. Termasuk bisa segera ditempati agar pengusaha cepat memanfaatkannya, meskipun belum ada Perda yang mengaturnya.

Ia mengaku, banyak pengusaha lain yang berminat menempati kios ini. Namun, ia menghormati penghuni sebelumnya (existing) dan komitmen dengan perjanjian sebelum pembangunan.

“Saya menghormati penyewa existing, padahal yang minta ke saya banyak. Maka, saya minta penyewa juga komitmen bayar sewanya, tidak boleh pindah tangan. Kalau kita ketahui ada yang pindah tangan, langsung pemerintah ambil alih,” tandasnya.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Kepala DPPKUM Kota Magelang, Syaifullah menjelaskan, jumlah kios yang tersedia di shelter ini sebanyak 8 kios di lantai satu dan 22 kios di lantai dua. Kios lantai satu diperuntukan bagi usaha non-kuliner, sedangkan kios di lantai dua khusus untuk usaha kuliner.

“Jumlah kios memang lebih banyak dari pedagang, karena ada beberapa pedagang yang menempati dua kios. Semua yang menempati ini adalah pedagang lama, karena sudah komitmen kami untuk memprioritaskan mereka. Apalagi di antara mereka adalah usaha yang sudah legend,” jelasnya.

Biaya sewa kios lantai satu rata-rata sebesar Rp7 juta per tahun dan kios lantai dua rata-rata sebesar Rp5 juta per tahun. Minimal sewa selama dua tahun dan harus dibayarkan lunas di depan. Jangka waktu sewa bisa diperpanjang tanpa batasan waktu. Ukuran kios rata-rata 9 meter persegi. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: