Sosialisasi Selesai, Pembangunan Tol Jogjakarta Segera Dilakukan

BNews—JOGJA— Proses pembangunan jalan tol khususnya menuju Solo akan segera dilakukan. Hal itu seiring dengan telah diselesaikannya masa sosialsiasi oleh panitia pembangunan.

Sebanyak 14 desa yang akan teriris tol di Jogja telah selesai mendapatkan sosialisasi. Mereka juga sudah setuju pembebasan lahan sesuai Perdes yang mengaturnya.

Perdes ini dibutuhkan sebagai legalitas penggunaan tanah kas desa (TKD) terdampak proyek nasional, dalam hal ini tol Yogyakarta-Solo. Sosialisasi pembangunan tol Yogyakarta-Solo wilayah Sleman juga selesai dilakukan. 

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Sleman, Shavitri Nurmala menjelaskan, selain delapan desa yang mempunyai Perdes tentang Pemanfaatan Tanah Desa. Ada tiga desa yang tinggal menunggu untuk ditetapkan oleh Badan Pemusyawaratan Desa.

Semua itu bisa setelah ditinjau ulang oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam tahapan merancang peraturan desa, Raperdes terlebih dahulu dievaluasi oleh Bagian Hukum Setda Sleman. “Ada dua desa yang sudah mengumpulkan Raperdes namun kurang lengkap, maka kami kembalikan ke desa. Ada satu desa yang belum mengumpulkan Raperdes,” ungkapnya.

Dia mengatakan dalam Raperdes yang sudah dikonsultasi dan dievaluasi, pada umumnya terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki oleh Pemdes, sebelum disahkan.

Poin itu antara lain luas Tanah Kas Desa (TKD) yang tercantum dalam lampiran Raperdes, tidak sama dengan jumlah yang tercantum dalam surat pernyataan Kepala Desa.

“Poin lainnya, ada pasal-pasal yang tidak diisi, misalnya persentase keringanan sewa,” ucapnya. (wan/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: