P2MD UNS Gelar Optimisasi Akselerator Perekonomian Di Srumbung Magelang

BNews–MAGELANG-– Kelompok Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) Universitas Sebelas Maret (UNS) turun lapangan di kawasan lereng Merapi Magelang. Mereka menggelar kegiatan Optimasi Sistem Distribusi Sumber Air Mineral dan Pemberdayaan Masyarakat dengan Integrasi Sumber Daya Alam Sebagai Akselerator Perekonomian.

Daerah tersebut tepatrnya di Desa Polengan Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.  Pembukaan program tersebut dilaksanakan di Pendopo Amrih Mulya Polengan Edupark, Rabu lalu (21/9/2022).

Dalam acara ini juga dilaksanakan pemotongan nasi tumpeng oleh Dekan Sekolah Vokasi UNS Drs Santoso Tri Hananto MAcc Ak. Dengan didampingi dosen pembimbing Rohmawan Adi Pratama SE MBA. Potongan nasi tumpeng tersebut kemudian diserahkan Dekan Sekolah Vokasi UNS kepada Kepala Desa Polengan Nur Widodo.

Wakil Dekan Akademik Agus Dwi Priyanto SS MCALL, kepala program studi D3 Manajemen Perdagangan Ana Shohibul MSc, dan beberapa perangkat Desa Polengan juga hadir dalam acara ini.

Rangkaian kegiatan dilaksanakan pada September-November 2022. Kegiatan P2MD ini diketuai  Ramadhani Abelita Risanti, dan didampingi Rohmawan Adi Pratama MBA.

Dari observasi dan telaah dokumen, terdapat dua klasifikasi permasalahan diantaranya berkaitan dengan sumber daya alam yang melimpah tetapi belum sepenuhnya dimanfaatkan.

Selama berlangsungnya kegiatan, tim P2MD melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan branding produk dengan masyarakat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan memajukan sumber daya air di Desa Polengan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dekan Sekolah Vokasi UNS di forum pembukaan diantaranya mengatakan para mahasiswa yang berada di Desa Polengan ini merupakan satu dari 6 tim Sekolah Vokasi UNS yang lolos dari Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD). Tim yang ada di Desa Polengan ini mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud Ristek RI, dan ada juga dana dari UNS. Diharapkan dengan kerja keras para mahasiswa ini bisa bersinergi, bisa bekerjasama, bisa memberikan hasil atau manfaat yang besar.

Juga disinggung mengenai potensi yang ada, diperoleh informasi adanya beberapa komoditas yang dapat dibudidayakan, disiapkan untuk mendapatkan izin edar maupun lainnya. Tim ini diharapkan juga dapat berkolaborasi untuk dapat membuat desain  kemasan.

Kepala Desa Polengan Nur Widodo di forum ini sempat memberikan motivasi kepada tim yang mengikuti P2MD di Desa Polengan. Mengenai adanya beberapa potensi yang dimiliki Desa Polengan. Juga disinggung, bahwa perubahan saat ini terjadi begitu cepat. Manakala bisa menerima dan menyiapkan terhadap perubahan tersebut, akan lebih maju dan lebih cepat. (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: