Sosok Subroto, Jika Dilantik Maka Jadi Caleg DPRD Tertua

BNews-NASIONAL– Inilah sosok Subroto, kakek berusia 81 tahun yang merupakan calon legislatif (caleg) DPRD dengan suara terbanyak di Kebumen, Jawa Tengah pada Pemilu 2024.

Subroto memperoleh 3.403 suara di Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Kebumen, meliputi Kecamatan Pejagoan, Klirong, dan Petanahan.

Hasil ini diketahui setelah dilakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pileg 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen.

Di mana 50 calon legislatif (caleg) yang meraih suara terbanyak dipastikan akan duduk di DPRD Kebumen, Jawa Tengah.

Subroto lahir di Kebumen pada 19 Juni 1943 silam. Ia maju sebagai caleg DPRD melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sebelumnya, ia berprofesi sebagai guru selama 33 tahun. Selepas pensiun pada tahun 2003 lalu, ayah lima anak itu sehari-hari beraktivitas sebagai petani.

Apabila dilantik nanti, Subroto akan menjadi caleg tertua di lembaga legislatif tersebut.

CEK BERITA UPDATE DI GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Menurut Subroto, usia bukanlah penghalang bagi seseorang untuk berkarya dan mengabdi untuk bangsa dan negara.

Ia lantas menyebut, alasannya maju sebagai caleg DPRD ialah ingin ikut memajukan Kebumen, terutama menyejahterakan masyarakat di Kecamatan Klirong.

“Saya membaca peluang, di Kecamatan Klirong blom ada calonnya, dan sudah dua periode di sini belum ada caleg dari PPP. Saya punya keyakinan dan tanpa ragu maju nyaleg lewat PPP,” ujar Subroto, Selasa (19/3/2024), dilansir Kompas.com.

Meski keluarga sempat khawatir karena usia Subroto tak lagi muda, tetapi ia mampu meyakinkan mereka sehingga dirinya mendapatkan semangat tambahan yang membuatnya meraih kesuksesan pada Pemilu 2024 ini.

“Kalau anak ya sempat ada yang gak setuju karena khawatir soal usia ada juga yang dukung penuh. Kalau istri justru yang paling semangat kalu saya maju,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan belajar dan kerja keras menjadi motivasi hidupnya. Subroto juga tak malu untuk bertanya kepada kawan yang lebih muda nantinya.

Ia mengatakan kunci sukses adalah mau belajar, mau mendengarkan pembicaraan orang lain, dan mau memahami kesulitan orang lain.

“Jangan malu untuk belajar, usia tua tetap harus memiliki ilmu pengetahuan karena pengetahuan itu terus berkembang setiap saat,” jelasnya.

Sebelum maju sebagai caleg PPP, pria asal Desa Bendogarap Kecamatan Klirong, Kebumen ini juga pernah mengikuti kontestasi pemilu.

Pada Pemilu 2009, Subroto maju sebagai caleg DPRD Kebumen melalui PDIP, tetapi usahanya kala itu belum membuahkan hasil.

“Dulu tahun 2009 saya pernah nyaleg waktu itu lewat PDIP namun belum rejekinya jadi belum beruntung,” terangnya.

Jadwal dan Tahapan Penyelenggaraan Pemilu 2024

  • 14 Februari 2024-15 Februari 2024: Pemungutan dan penghitungan suara.
  • 15 Februari 2024-20 Maret 2024: Rekapitulasi hasil perhitungan suara.
  • disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing anggota DPRD kabupaten/kota: Pengucapan sumpah/janji DPRD. kabupaten/kota.
  • disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing anggota DPRD provinsi: Pengucapan sumpah/janji DPRD provinsi.
  • 1 Oktober 2024: Pengucapan sumpah/janji DPR dan DPD.
  • 20 Oktober 2024: Pengucapan sumpah/janji presiden dan wakil presiden.

(*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: