Pimpinan TNI-Polri dan Pemerintah Kumpul di Atria Hotel, Ini yang Dibahas

BNews—MAGELANG— TNI dan Polri Daerah Jawa Tengah menggelar rapat pimpinan (Rapim) tahun 2020 di Atria Hotel Magelang, Kamis (6/1). Kegiatan akbar tersebut digelar dalam rangka persiapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Jateng yang dilaksanakan 23 September 2020 mendatang.

Tema yang diangkat kali ini adalah ’Dilandasi Profesionalitas, Solidaritas Dan Sinergitas, TNI-Polri Siap Mengamankan Pilkada Serentak Tahun 2020 Serta Mengawal Pembangunan Nasional Dalam Rangka Menuju Indonesia Maju’. Dalam kesempatan tersebut nampak hadir Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat dan Ketua Bawaslu Jateng M Fajar Saka.

Ganjar menuturkan, dalam rapim tersebut sebagai upaya evaluasi penyelenggaraan pilkada sebelumnya untuk meminimalisir masalah yang muncul di Pilkada 2020. Juga mengidentifikasi seluruh potensi dan persoalan terkait Pilkada serentak di Jateng yang bersifat lokal.

”Kita berkoordinasi untuk menunjukkan Jateng siap menyelenggarakan Pilkada serentak 2020,” kata Ganjar dihadapan para awak media di ruang Paramount Hotel Atria Magelang.

Jelas dia, pihaknya juga sudah mengidentifikasi potensi-potensi tersebut untuk kemudian diurai agar tidak mengganggu gelaran pesta demokrasi. Seperti misalnya, beberapa daerah yang nampak melawan ’bumbung kosong’ (calon tunggal), isu lokal soal sumber daya alam hingga lingkungan. Hingga mengidentifikasi proses seleksi-seleksi sebelumnya seperti Pilkades lalu apakah berdampak tidaknya pada Pilkada mendatang.

”Hari ini kita identifikasi agar lokalitas itu benar-benar kita antisipasi sejak awal dan bisa dicegah,” jelas Ganjar.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)
Loading...

Ganjar juga berharap adanya pengamanan di media sosial (medsos). Kepolisian yang mengelola medsos bisa mengawasi terkait informasi yang teridentifikasi membuat kerusuhan.

”ada dari kepolisian untuk melakukan cyber patrol agar bisa mengantisipasi dengan baik,” ungkapnya.

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menegaskan, Polri bersama TNI siap mengawal dan mengamankan Pilkada serentak 2020. Termasuk siap dalam menjamin keamanan sejak menjelang, saat pelaksanaan hingga saat penetapan calon bupati dan walikota terpilih.

”Tahap awal kita, pengamankan tahap-tahap proses Pilkada. Menciptakan keadaan cipta kondusif,” tegasnya

Diungkapkan Rycko, Polda Jateng akan menerjunkan dua pertiga kekuatan yang disebar di 21 kota dan kabupaten yang menggelar Pilkada serentak. Sedang dari TNI akan merjunkan satu pertiga kekuatan untuk memback up pengamanan.

”Setiap daerah penyelenggara Pilkada serentak 2020 akan diberikan pengamanan secara khusus,” pungas dia. (cr1/han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: