“Sri Boyong” Tutup Rangkaian Merti Desa Candirejo Borobudur

BNews—BOROBUDUR— Merti Desa Candirejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang benar-benar jadi pestanya rakyat. Seluruh masyarakat tumpah ruah menyukseskan pagelaran tahunan tersebut.

Merti Desa Candirejo atau yang dikenal tradisi saparan digelar sejak 10-12 Oktober 2019, kemarin. Berbagai rangkaian kegiatan dilangsungkan di desa wisata terbaik se Kabupaten Magelang itu. Acara dipusatkan di Balai Desa Candirejo.

Advertisements


Kepala Desa Candirejo Singgih Mulyanto mengatakan rangkaian awal merti desa diisi dengan kegiatan keagaaman. Mulai dari khotmil quran dan pengajian akbar. Pengajian dihadiri oleh KH Yusuf Chudlori dari Ponpes API Tegalrejo.


Hari berikutnya dilaksanakan kegiatan pawai budaya dan pertunjukan kesenian. “Kita mengangkat potensi-potensi khas Desa Candirejo. Banyak wisatawan yang datang dan menyaksikan,” kata dia.

Puncaknya, Merti Desa ditutup dengan pagelaran wayang kulit yang mengambil lakon Sri Boyong oleh Dalang Muda Gilang Kumara dari Playen Gunung Kidul. “Adapun tema Sri Boyong sendiri mempunyai filosofi atau arti sebagai dewi keindahan,  atau dewi kecantikan,” kata dia.

Melalui lakon ini, dia berharap Desa Wisata Candirejo semakin cantik semakin indah dan menarik banyak wisatawan untuk datang. “Selain itu juga memiliki pesan supaya generasi kita yang akan datang merawat tanah alam dan lingkungan yang telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Desa Candirejo,” kata dia.

MANTAP : Kepala Desa Candirejo Kecamatan Borobudur Singgih Mulynto saat memberikan sambutan. (foto : dok panitia)

Menurut Singgih, rangkaian kegiatan ini diharapkan juga sebagai salah satu upaya Pemerintah Desa Candirejo mensupport keberadaan Desa Wisata sebagai salah satu potensi ekonomi masyarakat desa. “Kita mempromosikan wisata budaya dan pariwisata di Candirejo dan umumnya di Kabupaten Magelang,” katanya.

Singgih juga menyampaikan jika seluruh kegiatan digelar secara gotong royong. Baik pemerindah desa, pengelola desa wisata, tokoh masyarakat, pemuda dan juga Semen Indonesia sebagai BUMN Pendamping Balkondes Candirejo. (dek/wan)

.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: