Mau Bikin Hidup Lebih Berkualitas? Ini 5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Dilakukan

BNews—TIPS— Hidup bukan hanya tentang pekerjaan, rumah mewah dan penghasilan yang berlimpah. Buktinya, materi bukan satu-satunya alasan yang bisa membuat hidup bahagia.

Kesehatan fisik dan mental menjadi hal pokok yang juga harus dipenuhi kalau kita mau hidup berkualitas. Seperti beberapa kebiasaan sederhana berikut ini yang terbukti bisa membuat hidup berkualitas dan bahagia.

Melakukan hal yang menyenangkan

Orang mudah merasa stres karena tak bisa melakukan hal yang mereka sukai, salah satu penyebabnya adalah pekerjaan atau kesibukan. Padahal, melakukan hobi yang kita suka dapat membuat perasaan senang dan puas.

Setidaknya luangkan waktu sehari dalam seminggu misalnya untuk membaca, mendengarkan musik, liburan dan melakukan hal yang menyenangkan lainnya.

Kurangi bermain media sosial

Saat ini media sosial dan internet menjadi kebutuhan semua orang, terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Tapi jangan habiskan waktumu hanya untuk itu. Bermain media sosial untuk mencari hiburan tentu boleh saja.

Tapi kalau tidak bijak akan berdampak negatif pada pikiran dan mental, karena kita jadi mudah merasa iri dan membagikan terlalu banyak di medis sosial bisa membuat hidup kita jadi tidak ada privasi.

Mencintai pekerjaanmu saat ini

‘Lakukan apa yang kamu cintai, dan cintai apa yang kamu lakukan’, dan ini memang benar adanya. Kalau kamu mencintai pekerjaanmu, maka kamu akan dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan jauh dari stres. Sehingga, kamu bisa hidup dengan bahagia.

Berkumpul dengan teman-teman

Orang bisa hidup lama dan bahagia, salah satu penyebabnya karena hubungan mereka baik dengan keluarga atau teman. Luangkan waktju untuk bertemu dengan orang-orang terdekat, setidaknya untuk berlibur bersama atau sekadar berbagi cerita.

Lebih banyak berbagi

Berbagi tidak hanya membuat kamu bermanfaat bagi orang lain tapi juga membuat hidup lebih bahagia. Memberika sedekah, berdonasi atau bantuan pada seseorang bisa memberikan kita kepuasan hati, bahkan bisa meningkatkan kepercayaan diri dan kesejahteraan hidup.

Selain beberapa hal di atas, ada juga kebiasaan sederhana lainnya yang bisa membuat hidup jadi lebih bahagia. Seperti rutin berolahraga, memperbaiki pola makan, tidak membandingkan diri dengan orang lain, belajar mengatur keuangan atau belajar hal-hal baru dalam hidup. (*)

Sumber: Fimela.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: