Sukses, Vaksinasi Massal yang Dilakukan Di SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan

BNews–MAGELANG– Setelah sukses dengan penyelenggaraan kegiatan vaksinasi tahap pertama bagi warga Muntilan dan sekitarnya, kembali kegiatan tahap kedua digelar di SMA PL Van Lith Muntilan (24/9/2021). Dimana diselenggarakan oleh  LAVALI (Layanan Vaksin Van Lith) bekerja sama degan Paguyuban Alumni Van Lith (Pavali), Polres Magelang, dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Magelang Raya.

Kegiatan Vaksinasi tersebut untuk membantu masyarakat Muntilan dan sekitarnya dalam mendapatkan vaksin  COVID-19.

” Vaksinasi tahap pertama yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 27 dan 28 Agustus 2021 telah berhasil membantu lebih dari 1.100 warga Muntilan menerima vaksin COVID-19 berupa vaksin Moderna untuk usia 18 ke atas dan vaksin Sinovac untuk usia 12 sampai 17 tahun),” kata Kapolsek Muntilan AKP Ryan Eka Cahya saat ditemui pada pelaksanaan Vaksinasi.

Dirinya juga menjelaskan jika Penerima vaksin meliputi lansia, pralansia, tenaga pendidik, petugas publik, warga rentan (difabel dan orang dengan gangguan jiwa/ODGJ); masyarakat umum, serta remaja.

Vaksinasi tahap kedua ini diberikan untuk  melengkapi kebutuhan dosis vaksin pertama agar sistem kekebalan dalam tubuh terbentuk dengan optimal.

” Untuk itu masyarakat yang belum melaksanakan Vaksinasi, silakan untuk segera mendaftarkan diri melalui jalur yang sudah ditentukan. Karena pada prinsipnya kita butuh herd immunity untuk mencegah penularan Covid-19,” harapnya.

Ditempat yang sama Heru Pamungkas selaku ketua Pavali mengatakan jika di lokasi Vaksinasi tersebut warga akan dilakukan pendataan diri, screening kesehatan, penyuntikan vaksin, hingga layanan pendampingan jika muncul Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (KIPI).

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

” Kami juga menyediakan Layanan online lavali.id sebelumnya untuk melakukan pendataan dan pendaftaran warga agar lebih tertata. Untuk mengantisipasi kerumunan, Vaksinasi kita lakukan dalam dua hari,” kata Heru

Menurutnya, panitia juga mempersiapkan petugas di lokasi untuk membantu pencatatan dan input data secara manual terutama bagi warga yang masih “gagap teknologi”.

” Pelayanan secara menyeluruh ini kami harapkan dapat semakin mempermudah warga selain untuk mendapatkan suntikan vaksin, juga penyediaan dokumen-dokumen pendukung seperti sertifikat vaksin,” lanjutnya.

Kegiatan Lavali dapat berjalan dengan baik, didukung oleh tim tenaga kesehatan dari RS TNI dr. Soedjono Magelang, tim Fikes Unimma (Universitas Muhammadiyah Magelang), tim FKKMK (Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan) UGM, tim Puskesmas Muntilan 1 dan Puskesmas Muntilan 2; tim nakes Polres Kabupaten Magelang, serta nakes alumni SMA PL Van Lith.

Dita, warga Kalinegoro, Magelang yang juga penerima vaksin, memberikan apresiasi atas pelayanan yang  diberikan.

“Luar biasa, seneng banget, buk, pokoknya sukses dan berkah selalu untuk panitia semuanya,” katanya.

Untuk diketahui, sampai dengan Jumat 24/09/2021 Polres Magelang telah memberikan Vaksinasi kepada sebanyak 63.656 orang. Dengan rincian 45.798 vaksin dosis pertama, 17.785 vaksin dosis kedua dan 73 vaksin dosis ketiga. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: