Syahdu, Kembali Bunga Tabebuya Di Jalan Magelang Bermekaran

BNews–MAGELANG-– Syahdu memang suasana di Kota Magelang Jawa Tengah ini. Dimana saat ini mirip di negeri sakura atau Jepang.

Hal itu bisa dikatakan karena pohon-pohon yang banyak di tanam di pinggir jalan sebagai peneduh trotoar atau pembatas jalan ini beragam warna bunganya.

Di antaranya warna merah muda atau pink, putih, kuning, magenta, oranye, dan merah.

Dikutip Borobudurnews.com dari berbagai sumber, ternyata berkat adanya pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus) yang ditanam di Kota Magelang, saat ini mulai mulai berbunga dan bermekaran.

Pastinya banyak orang mengira tanaman ini berasal dari Jepang karena mirip sakura saat berbunga.

Namun sebenarnya Tabebuya berasal dari negara Brazil, tepatnya daerah hutan Amazon. Meski demikian tanaman ini dapat tumbuh subur di Indonesia karena memiliki iklim yang sama dengan tempat asalnya.

Saat ini bila berkunjung ke Kota Magelang akan dapat menikmati indahnya bunga Tabebuya. Karena bertepatan dengan musim berbunga tanaman ini bulan September hingga November.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDURNEWS (KLIK DISINI)

Seperti tampak di depan Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang di Jalan Sarwo Edhi Wibowo, sepanjang Jalan Soekarno-Hatta, Terminal Tidar, Jalan Ahmad Yani, Jalan Pahlawan dan di beberapa sudut kota Magelang.

Sehingga banyak masyarkat yang mendokumentasikan dengan berswafoto dengan latar belakang bunga Tabebuya. Namun ada juga yang sekedar mengagumi keindahannya karena dekat dengan rumah atau tempat bekerja.

Pohon Tabebuya termasuk kategori pohon besar dan mencapai tinggi lebih dari empat meter, selain itu juga terdapat 25 jenis asli dan 100 jenis variasi.

Pohon Tabebuya juga dapat dinikmati keindahan bunganya di beberapa kota lain di tanah air. Karena banyak jenisnya, banyak pula sebutan untuk tanaman ini.

Seperti di Surabaya disebut pohon terompet merah muda karena bentuknya yang memang menyerupai terompet.

Sementara untuk jenis pohon tabebuya lainnya, ada yang disebut dengan nama kayu putih, cedar putih, manjack merah muda, tecoma, dan lainnya.

Sejumlah warga dan pengguna jalan yang kebetulan sedang melintas di jalan-jalan tersebut pun terkagum-kagum dengan pemandangan baru ini.

“Bunga tabebuya dah mulai mekar lagi,” tulis akun Bagas Kara pada Facebook @Potret Kota Magelang, dikutip pada Rabu 29 September 2021.

Bahkan banyak diantaranya yang menghentikan laju kendaraannya untuk sekedar berfoto ria di antara rindang pohon dan indahnya bunga Tabebuya.

Bunga-bunga Tabebuya di sepanjang jalan di Kota Magelang memang begitu indah. (**)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: