Tak Banyak Tahu, Akar Pepaya Ternyata Bisa Obati Berbagai Penyakit Mengerikan

BNews—MAGELANG— Buah pepaya sudah menjadi kebutuhan bagi sejumlah masyarakat karena mereka tahu jika buah ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat diantaranya menjaga kesehatan mata, tulang, jantung, kulit, rambut, serta mencegah berbagai penyakit.

Diketahui, Pohon dengan buah menggantung ini tumbuh di daerah dengan iklim tropis. Di Magelang utamanya di perkebunan daerah Borobudur sangat mudah menjumpai pepaya.

Selain buahnya, semua bagian pada pepaya juga punya banyak manfaat buat kesehatan. Tidak hanya buah dan daunnya, ternyata akar pepaya pun bisa dikonsumsi.

Biasanya, akar pepaya direbus dan dikonsumsi dengan campuran bahan lainnya. Ada juga yang hanya mengonsumsi air rebusannya.

Penasaran apa saja manfaat akar pepaya yang jarang diketahui? Berikut Borobudur News rangkum tujuh manfaat mengonsumsi akar pepaya seperti di rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/10).

Sumber Antioksidan

Akar pepaya dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh. Akar pepaya memiliki senyawa alkaloid, fenol, flavonoid, tanin, saponin, dan glikosida.

Akar pepaya bisa membantu penuhi kebutuhan antioksidan pada tubuh. Bahkan, akar pepaya juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan penyakit jantung, sebab akar ini mengandung gula yang alami.

Mengobati Cacingan

Cacingan merupakan infeksi pada perut yang diakibatkan oleh cacing atau parasit yang terkonsumsi. Ada beragam obat kimia maupun tradisional yang dapat mengatasi cacingan.

Salah satunya adalah dengan menggunakan akar pepaya. Caranya adalah dengan merebusnya, kemudian dapat dikonsumsi dengan tambahan madu agar lebih manis.

Mengatasi Rematik

Akar pepaya juga dipercaya ampuh untuk mengatasi penyakit rematik. Penderita rematik biasanya adalah orang dengan usia lanjut, penyakit ini ditandai dengan rasa sakit yang teramat sangat pada bagian persendian.

Untuk mengatasi penyakit ini, bisa buat ramuan akar pepaya dengan campuran bahan alami lainnya. Seperti cabai rawit, daun sambiloto, ketapan China, daun jeruk nipis dan daun sirih.

Mengobati Sakit pada Kandung Kemih

Penderita penyakit satu ini akan mengalami rasa sakit saat sedang buang air kecil. Cara untuk mengobatinya bisa dengan akar pepaya yang sudah sejak lama dikenal sebagai obat tradisional. Cukup dengan merebus akar pepaya dengan sedikit bawang putih, kemudian disaring dan minum air rebusannya saja secara rutin.

Mengobati Malaria

Malaria merupakan penyakit akibat gigitan nyamuk. Penyakit satu ini bisa sangat berbahaya apabila tidak ditangani sesegera mungkin.

Nah, cara tradisional dan sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu proses penyembuhan adalah dengan meminum rebusan air akar pepaya. Rutin mengonsumsinya dan padukan juga dengan makan makanan bernutrisi setiap hari akan membantu mempercepat tubuh sehat kembali.

Mengobati Penyakit Ginjal

Ramuan akar pepaya bisa secara efektif untuk mengobati gagal ginjal dan batu ginjal. Sebab, kandungan nutrisi dan zat alami yang dimiliki bahan satu ini aman untuk tubuh.

Kamu bisa membuat ramuan akar pepaya yang direbus begitu saja. Bisa juga dengan tambahan bahan lainnya seperti kumis kucing, maupun akar alang-alang.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Buah pepaya dikenal dapat menurunkan kolesterol jahat pada tubuh, namun ternyata tak hanya buahnya, akarnya pun bisa, lho. Cukup dengan membuat ramuannya dengan cara direbus untuk dikonsumsi secara teratur. Cara ini dipercaya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh yang lebih baik dan terhindar dari risiko penyakit berbahaya. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: