Tak Hanya Borobudur, Ini Daftar Wisata Magelang Rekomended Saat Libur Lebaran

BNews—MUNGKID—Kabupaten Magelang menjadi salah satu destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Terutama di masa-masa libur lebaran.


Berikut tim Borobudur News akan merangkum sejumlah destinasi tujuan wisata terbaik untuk libur lebaran nanti. Tentunya lokasinya instagramabel dan cocok untuk berlibur dengan pasangan maupun keluarga.

Advertisements


Gardu Pandang Silancur 
Gardu Pandang yang sering disebut juga Silancur Highland adalah salah satu tempat wisata selfie di daerah magelang. Tempat ini dibuat memang hanya untuk eksistensi berfoto. Lokasinya yang strategis yaitu di kaki gunung sumbing membuat suasana disekitar sangat sejuk. Spot terbaik berfoto disini adalah background gunung sumbing yang diambil dari atas menara pandang yang telah disediakan atau di taman bunga yang baru saja hits 2019 ini. Jika puas dilokasi.


Akses menuju lokasi cukup baik. Beberapa kilometer sebelum sampai lokasi, kamu akan disambut oleh jalanan naik turun dan berkelok, kamu jugja akan pemandangan alam khas lereng yang sungguh mendamaikan. Bukan hanya itu, kamu pun akan disambut oleh penduduk setempat yang ramah dan bersahaja.

Moment Ramadhan di Gardu Pandang Silancur  Windusari (Foto : @dikky.kurniawann )
Moment Ramadhan di Gardu Pandang Silancur Windusari (Foto : @dikky.kurniawann )

Sendang Piwakan Windusari
Salah satu tempat wisata yang masih jarang orang ketahui keberadaanya. Banyak yang bilang masih kurang terawatt, namun semua itu akan hilang jika kalian sudah sampai lokasi. Suasana alam yang asri ini dengan sendang yang dipenuhi ikan warna-warni menjadi daya Tarik tersendiri untuk bersantai atau berswa foto. Sendang Piwakan yang berlokasi di Desa Genito Kecamatan Windusari ini sering diadakan untuk upacara adat ‘Pernikahan Tembakau’ setiap bulan September. Tradisi yang dilakukan para petani dan perajang daun tembakau ini sebagai wujud syukur kepada Tuhan, dan harapan agar hasil panen melimpah.

Sebuah Sedang dinamakan Pawakan di kaki Gunung Sumbing (Foto--  Herman Fardiyanto)
Sebuah Sedang dinamakan Pawakan di kaki Gunung Sumbing (Foto– Herman Fardiyanto)

Grejengan Kembar Pakis
Curug Grenjengan Kembar yang berlokasi di bawah Gunung Merbabu ini memiliki karakteristik yang harus kalian kunjungi. Lokasi tepatnya di Dusun Satap Kragilor, Ketundan, Pakis, Magelang, dan pada tahun 2019 renovasi dan penataan lokasi sudah dilakukan oleh pihak Disparpora Kabupaten Magelang. Hal ini dilakukan untuk menambah nyaman dan seru jika pengunjung datang ke lokasi ini. Terdapat 2 (dua) buah air terjun setinggi sekitar 25 meter yang letaknya bersebelahan. Selain keindahan air terjun, sejuknya udara di tengah pepohonan hutan pinus bakal bikin pikiran jadi makin adem. 

Lokasi air terjun cukup mudah diakses dengan berjalan kaki. Jalan ke lokasi sudah dibuat dan ditata dengan baik sehingga aman dan tidak melelahkan. Jalan dari semen selebar kurang lebih 1,5 meter akan membawa pengunjung menyusuri jalan dusun menuju perkebunan. Jalan terbilang datar dan mudah karena tidak jauh dari lokasi parkir dan landai.

Dua air terjun berdampingan dinamakan grejegan kembar di Pakis (Foto--@ayherlinda)
Dua air terjun berdampingan dinamakan grejegan kembar di Pakis (Foto–@ayherlinda)

Punthuk Mongkrong Borobudur
Punthuk Mongkrong, mungkin namanya sedikit asing di telinga kamu jika dibandingkan dengan Punthuk Setumbuk. Namun keindahan yang ditawarkan Punthuk Mongkrong dijamin tak akan mengecewakan bagi kalian jika datang kesana. Punthuk Mongkrong memiliki ketinggian sekitar 624 Mdpl yang diklaim sebagai Punthuk tertinggi mengalahkan Punthuk Setumbuk, Punthuk Sukmoyo, serta Punthuk Gupakan.


Lokasi Punthuk Mongkrong berada di Desa Giritengah, Borobudur, Magelang,Jawa Tengah. Desa Giritengah terletak di ujung barat daya Kecamatan Borobudur, dengan jarak sekitar 5 kilometer dari Candi Borobudur. Berada di puncak perbukitan, Punthuk Mongkrong maka kamu akan disuguhkan dengan pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tak hanya punya pemandangan yang luar biasa, tapi di lokasi Punthuk Mongkrong di Desa Giritangah juga terkenal akan budi daya lebah madu. Konon kabarnya, Desa Giritengah merupakan desa yang pernah disinggahi oleh Pangeran Diponegoro dahulu semasa perang melawan Belanda.

Salah satu Punthuk di daerah Borobudur, yakni Punthuk Mongkrong ( Foto--@riyanti_arie)
Salah satu Punthuk di daerah Borobudur, yakni Punthuk Mongkrong ( Foto–@riyanti_arie)

Gereja Ayam- Rumah Doa Seribu Umat
Siapa yang belum tahu Gereja Ayamn yang sekarang sering disebut rumah doa seribu umat ini. Berlokasi di atas bukit Rhema Dusun Gombong, Desa Kembanglimus Kecamatan Borobudur ini tetap harus kalian kunjungi. Dimana beberapa pembangunan ruang doa semua umat sudah dilaksanakan, ditambah dengan café yang berada di lantai dua ini menambah suasana menjadi seru saat nongkrong disana. Pemandangan dari atas memang keren, alam dan pemukiman penduduk sambil menikmati kopi khas Magelang dan cemilan ndeso yang mengundang selera.

Rumah Doa Seribu Umat berada di puncak bukit Rhema Borobudur (Foto--@cellinajvnnd)
Rumah Doa Seribu Umat berada di puncak bukit Rhema Borobudur (Foto–@cellinajvnnd)

Taman Ramadanu
Taman Ramadanu Magelang yang berlokasi di Danurojo Ngluwar ini, pengunjung akan disuguhkan dengan beragam bunga warna-warni yang bisa dijadikan sebagai spot selfie. Ribuan bunga celosia yang didominasi warna kuning dan merah ditanam di sebuah area persawahan. Di sekelilingnya terdapat pepohonan yang rimbun sehingga suasananya lumayan teduh. Ketika sawah sedang menghijau, tentunya jadi kian terlihat instagramable.

Tak hanya itu saja, ribuan bunga celosia tersebut ditanam sedemikian rupa sehingga membent uk semacam pola. Seperti bentuk melingkar dan ditengah tengahnya terdapat kincir angin dengan ukuran yang lumayan besar. Kemudian membentuk seperti kelopak bunga. Ada juga yang membentuk pola spiral. Beberapa spot yang kerap dijadikan sebagai obyek foto diantaranya di depan kincir angin, ditengah tanaman bunga, didepan tulisan ramadanu,dan spot payung warna warni. Selain bunga celoasia di Taman Ramadanu ini juga ada bunga zinnia, hamparan sawah yang hijau, pepohonan rindah yang semakin membuat tempat nampak eksotis.

Ditambah pada tahun 2019 akan beberapa hal yang baru ada disana. Dan mulai buka pagi hingga malam hari ini dengan adanya mini café buat nongkrong kalian.

Taman instagramabel di Kecamatan Ngluwar ini hits akhir-akhir ini ( Foto-- @TamanRamadanu )
Taman instagramabel di Kecamatan Ngluwar ini hits akhir-akhir ini ( Foto– @TamanRamadanu )

Nakula Sadewa
Salah satu destinasi wisata edukasi di Magelang ini cukup banyak menarik peminat pengunjung. Taman yang berlakasi di pinggir jalan raya Yogyakarta-Magelang, tepatnya di Dusun Tangkilan Desa Pabelan Kecamatan Mungkid ini cukup strategis untuk disambangi. Berkonsep sebuah taman edukasi ini Nakula Sadewa Park akan memanjakan wisatawan yang berkunjung. Nakula Sadewa Park Education menyuguhkan patung dan berbagi koleksi bernuansa nusantara. Sehingga selain rekreasi pengunjung juga dapat lebih mengenal Indonesa. Ornamen – ornamen ini lah yang menarik untuk dijadikan spot foto untuk para penggemar fotografi ataupun Selfie. Nakula Sadewa Park memiliki berbagai karya seni yang indah dan bernilai seni tinggi. Keindahan taman ini dapat dinikmati dari berbagai koleksi karya seni yang dipajang di dalamnya. Seperti patung kereta kuda, hingga gunungan dan tokoh wayang raksasa yang semuanya asli pahatan dari tangan seniman. Selain itu ada juga miniatur-miniatur bangunan yang unik. Di dalam taman juga terdapat kolam renang beserta puluhan hiasan air mancur.

Wisatawan yang berkunjung tidak perlu khawatir bingung, karena di tempat wisata magelang ini disediakan pemandu wisata yang akan menjelaskan isi wisata ini. Pemandu ini juga akan menjelaskan cara membuat art work
dari cetakan almunium. Setelah puas berkeliling wisatawan dapat menikmati berbagai menu makanan yang tersedia di kantin / Saung makan diatas kolam dekat persawahan.

Salah satu taman edukasi dengan berbagai konsep di dalamanya dan terdapat kolam renang untuk umum juga (Foto-- @Nakulasadewa )
Salah satu taman edukasi dengan berbagai konsep di dalamanya dan terdapat kolam renang untuk umum juga (Foto– @Nakulasadewa )

Lembah Merapi
Lembah Merapi juga termasuk wisata alam baru di Magelang. Berlokasi di atas bukit Gununggono di Desa Wisata Banyubiru Kecamatan Dukun ini menyuguhkan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu. Paling keren jika kalian datang pagi hari untuk menikmati matahari terbit dari bali Gunung Merapi dan Merbabu. Dan istimewanya lagi, tiap hari minggu di lokasi ini juga ada wisata kuliner yang dikenal dengan Pasar Tradisi Lembah Merapi dimana menyuguhkan konsep djadoel mulai dari menu kulinernya, konsep tatanan pasar hingga para pedaganganya. Kalian wajib kunjungi tiap hari Minggu kesini dimana sambil wisata kuliner dan menikmati pemandangan alam. Namun tiap hari juga buka dengan adanya mini Café atau sering disebut pawon mbah buyut dengan menu istimewa Bebek Goreng Siram.

View Merapi dan Merbabu bisa di nikmati dari Lembah Merapi ini ( Foto-- @srinurmj)
View Merapi dan Merbabu bisa di nikmati dari Lembah Merapi ini ( Foto– @srinurmj)

Kedung Kayang
Air terjun ini berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta berada di perbatasan Kabupaten Magelang dan Boyolali yakni Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Objek wisata alam ini berada di ketinggian lebih kurang 1.200 meter di atas permukaan laut. Air Terjun Kedung Kayang memiliki tinggi sekitar 40 meter dengan volume air yang cukup tinggi. Seperti biasa, untuk bisa sampai ke lokasi air terjun Anda harus jalan kaki terlebih dulu melewati jalanan setapak selama sekitar 20 menit dari lokasi parkir kendaraan. Keindahan air terjun ini bisa dinikmati dari berbagai sisi. Baik dari atas, samping atau depan. Dan beberapa spot foto keren juga sudah tersaji dilokasi ini. Dengan latar belakang air terjun kedung kayang serta gunung merapi diatasnya menambah keren hasil foto kalian.

Salah satuspot foto di Kedung Kayang dengan latar belakang air terjun dan gunung merapi ( Foto-- @yosafatyk )
Salah satuspot foto di Kedung Kayang dengan latar belakang air terjun dan gunung merapi ( Foto– @yosafatyk )

Ketep Pass
Sebuah tempat wisata yang ada di Magelang, wisata yang akhir – akhir ini populer. Wisata ini berada di area Bukit Sawangan yang memiliki ketinggian 1.200 Mdpl, dengan pemandangan Magelang dan sekitarnya. Wisata Ketep Pass ini juga berada diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sehingga pengujung juga dapat menikmati panorama pegunungan. Karena Ketep pass ini berada di ketinggian maka pemandangan alam sangat indah , kabut pagi pun juga ikut menghiasi. Selain pemandangan alam dari atas kamu juga dapat melihat perdesaan dan pegunungan yang gagah.

Bahkan jika anda berada di Pelataran Panca Arga merupakan puncak tertinggi di Ketep Pass anda dapat menyaksikan 5 gunung sekaligus. Seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Sumbing dan Gunung Slamet. Waktu yang tepat untuk melihat 5 gunung tersebut adalah ketika cuaca cerah. Selain sebagai wisata alam, Ketep pass ini juga menyajikan wisata edukasi tentang gunung Merapi. Sangat menarik bukan, selain anda bisa berwisata anda juga dapat menambah wawasan dan informasi tentang Gunung api. Banyak spot foto yang bisa pengunjung dapatkan di wisata Ketep Pass ini. Sangat cocok bagi traveler yang ingin berburu foto seperti foto gaya Folk, Selfie Photo, Panorma Photo dll.

View Udara saah satu titik Obyek Wisata Ketep Pass (Foto--@ariokusmartiono)
View Udara saah satu titik Obyek Wisata Ketep Pass (Foto–@ariokusmartiono)

Wisata Taman Papringan Sawangan
Sebuah wisata yang terbilang tempat wisata yang masih baru di Magelang. Tempat wisata papringan ini memiliki konsep wisata yang berbeda dengan wisata lainnya, yaitu dengan mendirikan wisata dengan konsep bangunan bambu. Nah maka dengan itu wisata ini dinamakan wisata papringan karena  papringan ini memiliki arti ” Bambu “.


Salah satu spot populer dan paling banyak diminaati pengujung adalah spot Miniatur Menara Eiffel dan lagi lagi menara ini dibuat dari  bambu. Jangan sangka jika miniatur menara ini pendek, malahan di wisata papringan ini menaranya cukup tinggi hingga memiliki 3 lantai. Dimana pengunjung bisa naik hingga lantai tiga, dari atas menara anda dapat menikmati hamparan persawahan dan alam sekitar. Selain itu wisata taman papringan ini tempatnya sangat instagramble banget, untuk kamu pencita selfie dan photografer terutama.



Wisata papringan sawangan ini berada di Papringan, Sawangan belakang smp 1, Pasekan, Gondowangi, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.  Untuk lokasinya sangat mudah di tempuh oleh kendaraan pribadi atau kendaraan umum, karena letaknya tidak jauh jalan. Untuk rute tenang saja wisata papringan sawangan ini sudah ada di google maps, jadi anda tidak perlu binggung untuk rute jalan yang mau di ambil.

View salah satu spot foto di Taman Papringan Sawangan (Foto--@rizal_rosyadi)
View salah satu spot foto di Taman Papringan Sawangan (Foto–@rizal_rosyadi)

Grenden Pakis
Bukit Grenden adalah jalur alternatif menuju ke puncak Gunung Merbabu. Memang, jalur pendakiannya memang tidak sepopuler Santing atau juga Selo, namun kawasan Grenden ini ada tempat wisata yang keren. Tidak sekedar alternative namun juga obyek wisata yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Banyak spot foto menarik dan unik di lereng lereng diantara lebatnya pohon pinus ini, dan yang paling terkenal adalah rumah kurcaci karena sering menjadi spot foto utama, tentunya banyak spot menarik lainnya juga. Bukit Grenden terletak tak jauh dari kawasan Hutan Pinus Kragilan, tepatnya di Desa Grenden, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah, Jawa Tengah . Untuk sampai lokasi, waktu yang kamu tempuh sekitar 33 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 18,3 kilometer dari pusat kota Magelang.

Akses menuju lokasi terbilang mudah ditemukan karena memang lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan Kragilan. Beberapa kilometer sebelum sampai lokasi, kamu akan disambut oleh jalanan naik turun dan pemandangan khas pedesaan juga alam hijau yang sungguh mendamaikan dan yang pastinya akan membuat perjalananmu sebelum sampai lokasi terasa tidak membosankan.

Spot foto paling menarik di Bukit Grenden Pakis, rumah kurcaci ( Foto--@masmooe_)
Spot foto paling menarik di Bukit Grenden Pakis, rumah kurcaci ( Foto–@masmooe_)

Itulah 12 Destinaswi Wisata yang kami rekomendasikan untuk kalian kunjungi di libur panjang lebaran 2019 ini. Semoga kesan, kenangan dan suasana menarik dapat kalian nikmati. (bsn)

Baca juga artikel terkait wisata di Magelang KLIK

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: