Tak Lagi Horor, Kuburan Warna-warni Ini Malah Bikin Gemes

BNews—NASIONAL— Kesan angker dan horor yang melekat di pemakaman nampaknya tak berlaku di Kota Madiun. Bagaimana tidak, bukannya menakutkan, kuburan yang terletak di Kelurahan Tawangrejo, kecamatan Kartoharjo ini bikin gemes. Bahkan sangat cocok dijadikan wisata spot swafoto alias selfie.

Tempat Pemakaman Umum (TPU) RW5 di Tawangrejo atau karib disebut Makam Nguwot itu oleh warga suasanya dibuat ceria. Nampak kuburan umum itu terlihat bersih, rapi, indah dan colorfull atau penuh warna.

”Dulu Makam Nguwot jadi langganan banjir. Sekarang tidak lagi,” kata Lurah Tawangrejo, Karniel, Sabtu (27/6).

Karniel menjelaskan, semua berubah ketika Dinas Pertamanan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun mengadakan lomba kebersihan makam. Karniel kemudian mengumpulkan ketua RT/ RW untuk membahas makam mana yang akan diajukan dalam perlombaan.

”Di Kelurahan Tawangrejo ada lima TPU dan tiga makam pribadi. Akhirnya disepakati Makam Nguwot di RW5 yang ikut lomba,” jelasnya.

Ternyata, respons warga di lingkungan RW5 cukup bagus. Mereka antusias dan mau berswadaya dan bergotong-royong membenahi areal Makam Nguwot.

”Bukan hanya tokoh masyarakat. Ahli waris pun juga mendukung sehingga kami mudah untuk bergotong-royong,” sambung Ketua RW5 Sukaryono.

Warga sepakat untuk bergotong-royong dan kerja bakti membersihkan makam tersebut setiap hari Minggu sekali. Selain membersihkan, warga juga  menambah penerangan di areal makam.

Kesan seram juga dihilangkan  dengan mengecat  dinding makam dengan gambar bunga-bunga, dan mengecat jalan masuk makam. Jalan masuk ke makam serta batu nisan juga dicat warna-warni sehingga tidak terlihat kusam.

”Ya semua itu dilakukan agar makam tidak terkesan angker. Bahkan bisa digunakan untuk selfie” terangnya.

Jerih payah warga mengubah wajah Makam Nguwot membuahkan hasil. TPU di Kelurahan Tawangrejo, Kota Madiun tersebut terpilih menjadi Juara I lomba kebersihan makam yang digelar Dinas Perkim setempat. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: