Tanah Bergerak di Salaman Sebabkan Rumah Terbelah dan 215 Warga Mengungsi

BNews— SALAMAN— Kontur tanah di Dusun Kranjang Lor Desa Sidosari Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang semakin labil. Bahkan, jika hujan tiba tanah terus bergerak dan retak.


Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto membenarkan kejadian itu. Menurutnya, kondisi ini semakin parah sejak tiga hari lalu kala guyuran hujan lebat.

Sebanyak 215 warga setempat harus mengungsi. Mereka khawatir keselamatan jiwanya karena ada retakan tanah atau tanah bergerak yang mengancam perkampungan.

Edi mengatakan BPBD akan melakukan kajian atas kejadian tanah bergerak di Desa Sidosari tersebut. Untuk itu, dia meminta bantuan pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Bandung. Edy membenarkan langkah warga yang mengungsi demi keselamatan.


“Yang jelas ada pergerakan tanah. Kemudian, kalau ada hujan tambah lebar retakannya, artinya memang ini pemicunya hujan. Untuk itu, warga menyingkir dulu, ngungsi. Kalau tidak hujan ya kira-kira aman, karena pemicunya biasa itu air. Memang kalau sudah sangat rentan, ada getaran bisa menyebabkan longsor,” ujar dia.


Salah satu warga, mengatakan pada Kamis (5/3) pagi hujan deras dan sekitar pukul 05.30 WIB terjadi longsor. Material longsoran tersebut menutup akses jalan dusun setempat. Selain longsor, ada retakan tanah yang memanjang.

“Akibat retakan tanah ini, kami berupaya menutupnya agar air tidak masuk,” tuturnya.
Akibat adanya retakan tanah tersebut lantai yang dipasangi keramik merenggang sepanjang 4 meter dan lebar 2 cm. Atas kejadian tersebut, warga takut jika turun hujan.


Tercatat ada delapan rumah yang mengalami kerusakan baik rusak sedang maupun rusak berat. Tanah di bawah rumah milik Rojadin dan Jarwadi, bergerak hingga posisi rumah menjadi miring. Demikian halnya rumah Ismu Nurfadil mengalami retak hingga posisi dinding menjadi miring. (jar/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: