Tanah Longsor Akibatkan Jalan Penghubung Antar Desa Di Windusari Terputus

BNews–MUNGKID– Sebuah jalan penghubung antar Desa di wilayah lereng sumbing terputus. Pasalnya, jalan di Kecamatan Windusari longsor dini hari tadi setelah diguyur hujan deras, Kamis (3/12/2020).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto membenarkan terjadinya tanah longsor tersebut.

“Benar, jalan yang longsor tersebut berada di Dusun Jeketro Desa Windusari Kecamaran Windusari Kabupaten Magelang,” katanya pagi ini.

Untuk waktu kejadian, lanjutnya terjadi sekitar pukul 01.00 wib (3/12/2020). “Awalnya bermula terjadi hujan deras sejak Rabu siang sekitar pukul 14.30 wib hingga malam hari. Akibatnya saluran drainase di samping jalan tersebut tidak mampu menampung debit air yang tinggi,” imbuhnya.

Karena debit air yang tinggi, lanjutnya air di saluran dreinase tersebut meluap dan menggerus atau mengikis tanah dibagian bawah jalan.

“Karena kikisan terjadi terus menerus jalan terbut longsor, sehingga akses jalan terputus,” paparnya.

Untuk akses jalan terputus adalah penghubung Desa Windusari dengan Gondangrejo. “Akses jalan ini terputus total,” tegasnya.

Sementara yang dilakukan , kata Edy telah dilakukan assesment oleh TRC Kecamatan Windusari dan FPRB Lembing. Serta pemberian rambu tanda darurat di kedua sisi ujung jalan. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: