Tanah Lumpur di Salaman Semburkan Api, Ini Kata BPBD

BNews—SALAMAN— Warga Dusun Drojogan, Desa Sriwedari, Kecamatan Salaman dikejutkan dengan adanya tanah berlumpur yang menyemburkan api. Sebuah lubang disertai gelembung dan api itu sontak menjadi tontonan warga sekitar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto membenarkan fenomena sumber api dari dalam tanah berlumpur. Peristiwa kobaran api dari dalam tanah berlumpur itu pertama kali dilaporkan Kepala Desa Sriwedari, Supriyati.

”Empat orang petugas langsung kami terjunkan ke lokasi untuk memastikan laporan tersebut,” tutur Edy, kemarin (16/4).

Data yang dihimpun petugas BPBD di lokasi, semburan api kecil yang muncul ke permukaan diketahui warga hari Jumat, 17 April 2020 sekitar pukul 15.00 WIB. Di lokasi tersebut, pihaknya baru menemukan satu titik sumber api yang berada di tepi Sungai Tangsi di Dusun Drojogan.

Hasil cek di lapangan, petugas yang dikirim ke lokasi melaporkan kobaran api sudah paham, sekitar pukul 19.32 WIB. ”Karena aliran sungai naik jadi sumber api tertutup air dan api padam,” katanya.

Meski api sudah padam, namun petugas masih mendapati pada lubang tersebut masih mengeluarkan gelembung. ”Masih terpantau gelembung gas dari genangan air. Oleh karena itu, petugas masih melakukan pengecekan oleh teman-teman di lokasi,” terangnya.

Loading...

Untuk sementara, Edy belum bisa memastikan penyebab munculnya gelembung dan kobaran api dari lubang tanah berlumpur. Hasil pengamatan dan kajian sementara, jenis gas yang dikeluarkan dari lubang tanah berlumpur adalah gas metana ”Kami akan menggandeng ahli untuk pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas dia.

Sebagai tambahan, hingga malam sekitar pukul 22.00 WIB petugas BPBD, OPRB Sriwedari, Garuda Bukit Menoreh dan Polsek Salaman masih melakukan pengamatan dan pengamanan di lokasi. (bsn/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: