IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Tandai Waisak, Api Abadi Mrapen Disemayamkan di Candi Mendut

BNews—MUNGKID— Api Abadi disakralkan oleh umat Budha sore ini di Candi Mendut Kabupaten Magelang (27/5). Hal ini merupakan salah satu rangkaian Hari Raya Waisak tahun 2018 sebelum puncak acaranya besok Selasa, 29 Mei 2018 di Candi Borobudur Kabupaten Magelang.

 

Api abadi ini diamil dari api alam Merapen Grobongan. Dan sore tadi disakralkan di Candi Mendut oleh Ratusan umat buddha dari berbagai daerah.

 

Para tokoh umat Budha dan pimpinan Majelis secara bergantian menyalakan lilin di pelataran dengan api yang berasal dari api abadi tersebut. Setelah dinyalakan kemudian dilakukan pengskralan dengan sembayang.

 

Api Abadi kemudian dibawa berkeliling candi sebanyak tiga kali searah jarum jam. “Api disemayamkan di dalam candi mendut bersama air berkah yang sehari sebelumnya sudah di sakralkan dan di semanyamkan sehari sebelumnya,” kata Ketua DPP Walubi Hartati Murdaya.

 

Hartati menambahkan, api adalah sarana puja dan melambangkan suatu penerangan yang diharapkan mampu menerangi umat dalam segala langkah di kehidupan. “Penerangan ini gambaran Buddha yang menerangi dan dapat membawa manusia menuju langkah dan jalan yang benar,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha, Supriyadi, memberikan apresiasi kepada jajaran umat buddha indonedia yang telah menyelenggarakan Hari Raya Waisak 2562 BE/2018. “Ritual penyemayaman api dharma dari merapen grobogan  ini diharapkan dapat membangun spirit api dharma yang di pandang dapat membentuk keyakinan Umat buddha yanh baik dan beragama,” pungkasnya. (bsn)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: