Tebing Longsor di Tempuran Tutup Akses Jalan Dusun

BNews—TEMPURAN— Hujan lebat dengan intensitas cukup tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Magelang meyebabkan sebuah tebing di Dusun Seneng, Desa Growong, Kecamatan Tempuran, longsor. Material longsoran tanah menyebabkan tertutupnya akses jalan di dusun tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang Susanto mengatakan, tanah longsor terjadi Jumat (24/1) sekitar pukul 17.30 WIB. Saat itu, Kecamatan Tempuran dan sekitarnya diguyur hujan dengan intensitas sedang lebat hingga menyebabkan longsor.

”Dimensi longsor tinggi tebing 1,5 meter, panjang dua meter, sehingga material longsoran menutup akses jalan menuju rumah warga,” kata Edi, Sabtu (25/1).

Informasi yang dihimpun relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Kecamatan Tempuran langsung direspons cepat oleh BPBD. Petugas kemudian melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat. Baru, pagi tadi, warga bersama relawan dan BPBD melakukan pembersihan material longsoran yang menutup akses jalan.

”Pukul 09.52 WIB giat pembersihan material longsoran selesai,” ujarnya.

Imbuh dia, masyarakat di Kabupaten Magelang khususnya yang bermukim di sekitar tebing untuk meningkatkan kewaspadaan. Mengingat, saat ini telah memasuki musim penghujan hingga dimungkinkan berpotensi terjadi ancaman bencana tanah longsor lebih besar. ”Agar masyarakat yang tinggal di sekitar tebing lebih berhati-hati,” himbau dia. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: