IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Telat Bayar Pajak Selain Kena Denda, Bisa Penghapusan Data Kendaraan Bermotor

BNews–TIPS-– Tahukah kalian bagi pemilik kendaraan bermotor jika terlambat membayar pajak tahunan atau lima tahunan kendaraannya. Sanksi berupa denda sampai dengan penghapusan regristasi kendaraan bisa terjadi.

Terkait sanksi denda tersebut akan dikenakan setiap 1 bulan keterlambatan. Sanksinya itu akan dikenakan denda 2 persen per bulan hingga maksimal 24 bulan atau 48 persen. Apabila setelah 24 bulan belum dibayarkan juga, sanksinya akan tetap 48 persen, jadi dia flat

Sementara aturan sanksi penghapusan identitas kendaraan itu, tertuang juga dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Tepatnya di Pasal 74 Ayat 1 huruf B dan Ayat 2 huruf B. Berikut bunyinya.

1. Kendaraan Bermotor yang telah diregistrasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 64 ayat (1) dapat dihapus dari daftar registrasi dan identifikasi kendaran bermotor atas dasar:

b. Pertimbangan pejabat yang berwenang melaksanakan registrasi kendaraan bermotor

2. Penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat 1 huruf (b), dapat dilakukan jika:

b. Pemilik kendaraan bermotor tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya 2 tahun setelah habis masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor

Selanjutnya bagi kendaraan bermotor yang data identitas kendaraannya telah dihapuskan, maka tidak akan bisa diregistrasikan kembali.

Ketentuan ini juga terdapat pada Pasal 74 Ayat 3. Berikut bunyinya.

‘Kendaraan bermotor yang telah dihapus sebagaimana dimaksud pada ayat (1), maka tidak dapat diregistrasi kembali.’

Loading...

Nah, buat Anda yang tidak ingin terkena sanksi denda atau data identitas kendaraannya dihapus. Maka sebaiknya jangan sampai terlambat lagi ya dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan. (*/bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: