Terekam CCTV, Seorang Ibu Ketahuan Ngutil Minyak Goreng di Minimarket

BNews—TEMANGGUNG— Seorang ibu berinisial AM, 50, warga Desa Ngemplak, Kecamatan Kandangan diamankan polisi setelah kepergok mencuri minyak goreng kemasan di minimarket. Aksi pencurian tersebut sudah dilakukan dihampir seluruh toko modern disemua kecamatan di Temanggung.

Terungkapnya kasus pencurian tersebut diketahui berdasarkan rekaman kamera pengawas atau CCTV. Korban sekaligus pemilik minimarket, Agus Supriyanto, mengeluhkan jika produk di rak sering raib.

”Dari rekaman CCTV diketahui ada orang mencuri di minimarket dan segera saya melaporkan ke kantor polisi terdekat,” kata warga Tegalurung, Kecamatan Bulu.

Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi mengatakan, kronologi pencurian terjadi pada 17 Oktober 2020 sekitar pukul 14.30 WIB. Berbekal rekaman kamera pengawas, petugas berhasil mengidentifikasi ciri-ciri pelaku dan melacak nomor polisi sepeda motor yang digunakan.

”Tersangka kemudian ditangkap setelah ditemukan barang bukti dan mengakui semua perbuatannya,” kata Benny, Rabu (18/11).

Dari pengakuan AM, ia beraksi seorang diri. Aksi ngutil ternyata sudah dilakukan di toko modern di seluruh Temanggung. Hasil curian kemudian dijual ke Pasar Legi Parakan dengan harga grosir.

”Sehari bisa mencuri 12 minyak goreng kemasan isi satu liter dan langsung dijual. Perliter Rp10 ribu. Pendapatan perhari Rp120 ribu,” beber AM.

Loading...

Beberapa minimarket yang pernah jadi sasaran diantaranya Airlangga Mart, A Mart Badran, Indomaret Kranggan, Alfamart Kranggan. Mahkota Swalayan Kranggan, Toserba Cik Devi Kranggan dan Toserba Semesta Pasar Pringsurat.

”Khusus hari Sabtu dan Minggu libur (mencuri) dan istirahat di rumah,” ungkapnya.

Kembali dijelaskan Benny, modus yang dipakai pelaku yakni membeli minuman kemasan di toko modern dan memasukkan minyak goreng kemasan dibalik jaket yang dikenakan. ”Minuman kemasan dibayar, sementara minyak gorengnya tidak. Saat awal mencuri tersangka merasa berdebar tapi lama-lama jadi terbiasa,” jelasnya.

Atas pebuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: