Terjadi 6 Kali Gempa Vulkanik, Ini Status Terkini Gunung Merapi

BNews—MUNGKID— Aktivitas Gunung Merapi dilaporkan mengalami gempa vulkanik dangkal. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta mencatat aktivitas kegempaan berupa dua kali guguran, sekali hembusan, sebelas hybrid dan enam kali vulkanik dangkal.

Menanggapi situasi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang terus memantau setiap perkembangan aktivitas dari Gunung Merapi. Kasi Kedaruratan BPBD setempat Didik Suswanto mengungkapkan, rentang Minggu pagi hingga siang (5/7) aktivitas Merapi terpantau normal.

”Aktivitas Merapi saat ini masih terpantau landai. Status masih di level waspada,” ungkap Didik, hari ini.

Didik menyampaikan, laporan aktivitas kegunungapian itu diperoleh BPDB Kabupaten Magelang dari BPPTKG, Sabtu malam (4/7) pukul 21.00 WIB. Dengan catatan aktivitas kegempaan berupa dua kali guguran, sekali hembusan, sebelas hybrid dan enam kali vulkanik dangkal.

”Vulkanik dangkal ini dengan amplitudo 17-80 mm dan durasi 9.2-37 detik. Setelah ada gempa vulkanik dangkal itu, BPBD menerima warning dari BPPTKG,” katanya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

”Warning ini agar jajaran BPBD dapat bersiap-siap jika terjadi aktivitas lain, termasuk kemungkinan erupsi. Namun, hingga hari ini, ternyata tidak ada lagi aktivitas yang signifikan,” sambung dia.

Pihaknya terus melakukan monitoring aktivitas Gunung Merapi selama 24 jam. ”Belum ada peningkatan level dari waspada,” tutup Didik. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: