IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Tersangka Pungli Serfikat Tanah “Bernyanyi” : Semua Perangkat Terima Uangnya

BNews—MUNGKID— Pungli sertifikat tanah di Desa Wringiputih Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang terus berproses. Sejauh ini satu perangkat desa Wringinputih atas nama Muhajari selaku Kasi Pemerintahan diamankan pihak Polres Magelang.

Kapolres Magelang AKBP Yudhianto Adhi Nugroho mengatakan proses ini masih terus dikembangkan. “Kemungkinan nanti yang ditetapkan sebagai tersangka bertambah,” katanya kemarin (1/7).

Total pungutan liar tersebut sebesar Rp 394.500.000 yang terkumpul, dan pihak Kepolisian hanya berhasil mengamankan sisa uang sebanyak Rp 164.325.850. Menurut Muhajari, sebagian uang lainnya sudah dibagikan ke berbagai pihak, termasuk semua perangkat desa.

“Saya pastikan 16 perangkat Desa Wringinputih menerima uang pungutan. Mulai dari Kepala Dusun, Perangkat Desa, Sekertaris Desa sampai Kepala Desa menerimnya. Dan Seharusnya saya tidak sendirian ditahan di kantor polisi ini,” katanya saat diwawancarai awak media.

Loading...

Muhajari mengundurkan diri dari jabatan perangkat desa beberapa waktu lalu setelah kasus ini mencuat di masyarakat. Dan laporan terkait kasus ini sudah ditangani polisi.

Sebelumnya peran Muhajari dalam program PTSL ini sebagai pengumpul uang yang diterima dari Kepala Dusun. “Setelah menerima dari Kadus tersebut, uang saya serahkan ke Bendahara panitia PTSL untuk dimasukan dalam Bank sebelum dipergunakan dan dibagi,” imbuhnya.

PTSL dilakukan berdasar Keputusan Bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor 25/SKB/2017 A, Nomor 509-3167A, Nomor 34 tahun 2017 tentang Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis, dan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik IndonesiaRepublik Indonesia tahun 2012 Nomor 12 tahun 2017 tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. “Kalau biaya sertifikat di BPN itu sebenarnya gratis, namun ada biaya lain-lain yang harus dibebankan seperti biaya ukur, saksi dan operasional,”pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: