Terungkap, Ini Jawaban Telur Atau Ayam Yang Lebih Dahulu

BNews—NASIONAL— Sebagian besar pembaca pasti pernah mendapatkan sebuah tebakan klasik. Duluan mana antara telur atau ayam?

Setiap jawaban yang disampaikan selogis mungkin selalu akan dimentahkan hingga timbul perdebatan antara si pemberi pertanyaan dan penjawab. Tebak-tebakan yang diklaim menjadi pertanyaan terjadul di dunia ini berakhir menjadi diskusi tak berujung. Alasannya adalah hingga saat ini, belum ada manusia yang bisa menyampaikan dasar ilmiahnya.

Namun, perdebatan antara ayam dan telur menemui jawaban ilmiah. Ketika seorang fisikawan teoritis dunia bernama Stephen William Hawking membawa tebakan tersebut ke ranah lebih serius.

Pria dengan tingkat Intelligence Quotients (IQ) 160 mengatakan jika yang lebih dulu ada dunia adalah telur. Saat itu semua orang percaya begitu saja karena ia dianggap super jenius. Namun apakah kesimpulan Hawking tepat?

Para peneliti Inggis menegaskan jika jawaban Stephen Hawking soal telur duluan itu salah karena yang benar adalah ayam duluan. Para peneliti kemudian melakukan penelitian, sebuah telur ayam diretakkan hingga mereka menemukan protein yang dibutuhkan membentuk cangkang telur secara eksklusif hanya ditemukan di ovarium dari ayam.

Pertanyaan berikutnya, darimana ayam berasal? Apapun nama spesiesnya di masa dulu, ayam telah berevolusi menjadi wujudnya yang seperti sekarang. Sebuah telur memerlukan protein khusus untuk terbentuk. Dan lebih dari tebakan, penemuan ini menggiring pada penemuan yang lebih bermanfaat untuk hidup manusia.

Bahkan, justru dengan pertanyaan sederhana ini, peneliti mampu menemukan cara menakjubkan yang bisa diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Protein Ovocledidin-17 mengontrol proses kristalisasi cangkang telur.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (Klik di sini)

Tanpanya, cangkang gak akan bisa terbentuk. Seperti halnya lebih menguatkan tulang sintetis ataupun menghentikan dampak global warming. Sistem kerja kristalisasi cangkang telur ayamlah yang bisa diterapkan untuk mengatasi polusi dan dampak global warming lainnya.

Lalu darimana ayam berasal? Apapun nama spesiesnya masa dulu, ayam telah berevolusi menjadi wujudnya yang seperti sekarang.

Jadi dari pertanyaan sederhana, duluan mana telur atau ayam, bahkan bisa membawa dunia ke arah yang lebih baik. Pertanyaan-pertanyaan sederhana kadang menyimpan jawaban rahasia alam yang luar biasa.

Jadi jangan pernah meremehkan pertanyaan hidup yang terkesan sepele. Setiap pertanyaan pasti ada jawabannya. Tergantung kita saja yang berusaha untuk menjawabnya dengan kesungguhan atau tidak. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: