Tingkatkan Literasi Siswa SD, Disperpusip Magelang Gelar Lomba Bercerita

BNews—MAGELANG— Selain membaca, salah satu cara meningkatkan literasi yakni dengan mengikuti beragam lomba. Seperti yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang yang mengadakan lomba bertema ’Dengan Lomba Bercerita Kita Tanamkan Rasa Cinta pada Budaya Bangsa’.

Kepala Disperpusip Kota Magelang Isa Ashari mengatakan, lomba diikuti sebanyak 70 peserta dari sekolah dasar/ masdrasah ibtidaiyah di Kota Magelang. Sebelumnya, babak penyisihan dilaksanakan 17-18 Februari kemarin. Dan mengerucut menjadi sepuluh besar untuk melaju ke babak final, hari ini (19/2).

”Materi yang dilombakan adalah menceritakan kembali buku berjudul Pakuning Tanah Jawa karya Wicahyati Rejeki, penerbit Disperpusip pada akhir 2019 lalu,” tutur dia di Gedung Kyai Sepanjang, Kota Magelang.

Kata dia, kegiatan tersebut menjadi agenda rutin. Harapannya, ada peningkatan literasi dimulai sejak usia dini.

”Untuk besok Kamis (20/2) kami mengadakan lomba story telling untuk SMP sederajat se-Kota Magelang,” katanya.

Sebagai tambahan, dalam lomba tersebut Juara I diraih Bernike Dian Kristinasih dari SD Pantekosta, Juara II Elisabeth Annabel Cordelia F dari SD Tarakanita dan Juara III atas nama Najma Mumtaza Audya Putriku dari SDN Cacaban I.

Kemudian Juara Harapan I diperoleh Diorita Clarance Alika Putri dari SDN Magelang VI, Juara Harapan II Agnia Talita Pasha dari SDN Rejowinangun Selatan 2 dan Juara Harapan III Alexa Shafina Dyaningrum dari SDN Magelang VI.

”Untuk Juara I akan dikirim untuk mengikuti lomba bercerita tingkat provinsi,” pungkas Isa. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: