Tips Agar Tetap Prima Saat Salat Tarawih

BNews—NASIONAL— Ibadah Salat Tarawih merupakan ibadah salat sunnah di bulan suci Ramadhan. Ketika Tarawih menjadi salah satu ibadah di Bulan Suci yang paling dinanti. Selain bisa mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, ibadah Tarawih juga lekat dengan nuansa Ramadan.

Salat Tarawih lebih lama dari salat biasa karena jumlah rakaatnya yang banyak. Agar tidak kelelahan saat ibadah dan tetap fokus menjalankan ibadah. Usahakan agar tubuh tetap fit agar ibadah Tarawih lancar, kamu tetap sehat.

Berikut empat tips agar tubuh tetap fit saat beribadah Tarawih di bulan Ramadhan:

1. Hindari makan berlebihan saat berbuka

Menahan lapar seharian mungkin membuatmu lupa diri saat berbuka. Menyebabkan kamu merasa lapar mata, segala macam makanan dilahap, sehingga perutmu pun begah dan sulit bergerak.

Hal ini sebaiknya dihindari, karena saat tarawih kamu bisa kelelahan bahkan kram di bagian perut. Solusinya, makanlah takjil dan makan utama porsi biasa saat berbuka, lalu perlahan setelahnya konsumsi camilan dengan jarak kira-kira 30 menit hingga 1 jam sekali.

2. Jangan tergesa-gesa

Untuk kamu yang melaksanakan Tarawih di rumah, kamu mungkin akan tergoda untuk segera menyelesaikan Tarawih secara cepat. Ingatlah bahwa mengerjakan sesuatu dengan tergesa-gesa tidak baik dan kamu bisa kelelahan karena melakukan aktivitas yang menguras tenaga.

Oleh karena itu, lakukanlah Salat Tarawih dengan tenang dan perlahan. Dengan begitu ibadahmu juga makin khusuk.

3. Fokus dan singkirkan pikiran yang memicu stres

Saat Tarawih dengan waktu yang relatif panjang, kamu bisa saja hilang fokus atau malah memikirkan hal lain yang memusingkan. Hati-hati, terlalu banyak pikiran bisa membuatmu stress dan ibadahmu tidak khusuk.

Karena itu, bersihkan pikiran yang tidak perlu dan fokus pada ibadah yang kamu lakukan, sehingga kamu juga akan merasa nyaman saat dan setelah tarawih.

4. Minum air agar tidak dehidrasi

Salat Tarawih yang cukup memakan waktu bisa membuatmu dehidrasi, loh. Apalagi dengan suasana panas di dalam ruangan. Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya minum air putih di sela-sela Tarawih.

Saat jeda rakaat genap ketika tarawih, kamu bisa minum air yang cukup agar badan tetap segar dan adem. Selain itu, cairan tubuhmu akan tetap terjaga. (rur/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: