Tips Ampuh Hilangkan Penyakit Getar di Bodi Honda Supra X 125

BNews—MAGELANG— Salah satu penyakit Honda Supra X 125 yang sudah berumur adalah bodi yang mulai bergetar. Getaran pada bodi motor jenis ini sering kali menimbulkan suara yang bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara.

Nah, ada yang temukan cara ampuh hilangkan getaran pada bodi Honda Supra X 125. Ahmad Abdul Azis, pemilik Honda Supra X 125 ini mengganti baut bodi bawaan dengan milik motor Yamaha untuk hilangkan getar.

Abdul yang memposting caranya ini ke group Facebook SUPRA125HOLIC ( HONDA SUPRA X 125 ) ini memberi perbedaan antara baut bodi Honda Supra X 125 dan milik motor Yamaha.

”Perbedaannya ada pada drat baut. Baut bodi motor Honda itu rata-rata pakai drat halus, sedang baut bodi motor Yamaha itu pakai drat kasar,” katanya.

”Tapi baut bodi Yamaha itu bisa kencangnya sampai full sampai kepalanya rapat dengan mur atau drat di bodinya. Sedang baut bodi Honda Supra X 125 itu enggak sampai rapat,” tambahnya, Rabu (29/9).

Menurut Azis, hal itu membuat celah atau gap antar bodi yang sering kali menimbulkan suara saat getar. Makanya Azis mengganti baut bawaan Honda Supra X 125 dengan baut bodi motor Yamaha.

”Semua baut bodi Honda Supra X 125 bisa pakai baut bodi motor Yamaha Ini, kecuali untuk batok headlamp yang menempel langsung pada speedometer,” jelasnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

”Misalnya baut bodi kanan dan kiri, baut bodi cover tangki samping, baut panel depan hingga baut bodi tutup rangka di depan semuanya diganti,” sambungnya.

Untuk batok headlamp, Azis menggunakan lem sealer untuk meredam getaran. ”Kalau untuk batok headlamp lebih terasa getarnya, saya pakai lem sealer yang jenis karet untuk meredam. Lem sealer ini kalau kering nanti lentur,” ungkapnya.

”Kelenturan pada lem sealer ini yang kemudian dapat meredam getaran pada batok headlamp Honda Supra X 125,” imbuh dia.

Cara menghilangkan getaran pada bodi Honda Supra X 125 ini juga enggak mahal. ”Untuk baut bodi butuh 10 baut lengkap dengan mur atau klip yang nempel di Bodi itu harganya sekitar Rp15 ribuan. Itupun masih ada sisa untuk cadangan,” bebernya.

”Sedang lem sealer karet yang kecil harganya Rp8 ribuan, sedangkan yang ukuran besar sekitar Rp15 ribuan,” pungkas bikers yang berdomisili di Semarang tersebut. (ifa/han)

Sumber: Grid Oto

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: