IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Tips Lindungi Akun Gmail Dari Peretas

BNews—TIPS—Banyak masyarakat yang menghubungkan akun Gmail pribadinya dengan aplikasi atau layanan untuk handphonenya. Tak dipungkiri, hal tersebut dapat memudahkan aktivitas digital seperti penggunaan media sosial.

Namun di balik kemudahan tersebut, terdapat berpotensi adanya peretasan terhadap pengguna Gmail. Akhir-akhir ini aksi peretasan kerap kali terjadi diberbagai kalangan.

Hal ini pun cukup merugikan karena dapat terjadi kebocoran data pribadi seperti yang dialami beberapa tokoh. Berikut ini, ada beberapa cara untuk mencegah peretasan akun Gmail yang berhasil dihimpun Borobudur News dari berbagai sumber. Antara lain :

Abaikan surat elektronik (surel) yang mencurigakan

Selain di situs web, jebakan phising juga kerap dikirim melalui surel untuk mendapat akses ke akun surel sasarannya. Pengguna layanan surel sebaiknya memperhatikan setiap surel yang masuk serta mengabaikan pesan yang dirasa mencurigakan.

Gunakan kata sandi yang kuat dan unik

Sebaiknya pengguna menggunakan sandi dengan frasa acak yang lebih dari delapan karakter meliputi angka, huruf capital, huruf kecil, dan karakter khusus. Sebab penggunaan kata sandi yang lemah, rentan terhadap serangan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Loading...

Tambahkan opsi pemulihan akun

Manfaatkan opsi pemulihan akun pada akun Gmail. Pengguna dapat memblokir upaya pembobolan akun oleh orang lain. Sebab, Gmail akan mengirimkan notifikasi pemberitahuan akses yang dilakukan dengan akun milik pengguna.

Gunakan Two Factor Authentication (2FA)

Menggunakan 2FA dapat menambah perlindungan lebih terhadap akun Gmail. Dengan fitur ini, pengguna juga membutuhkan One Time Password (OTP) untuk mengakses akun Gmailnya.

OTP sendiri akan dikirim ke perangkat pribadi pengguna sehingga sangat kecil kemungkinan OTP tersebut bocor.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Hapus akses dari aplikasi tidak penting

Pemberian izin akses pada aplikasi pihak ketiga berpotensi membocorkan data pribadi pengguna Gmail, terlebih jika aplikasi pihak ketiga tersebut diretas. Selain itu, perlu dilakukan juga penghapusan akses terhadap aplikasi yang tidak penting untuk mencegah hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Gunakan Browser terpercaya dan terbaru

Peretas biasanya akan menempelkan perangkat lunak khusus pada peramban sebagai jebakan. Ketika pengguna mengklik jebakan tersebut, data pribadi miliknya akan segera terkirim ke peretas. Karenanya lebih baik menggunakan browser yang terpercaya dan terbaru. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: