Tips Memilih Hosting untuk Website Kamu

BNews–TEKNO-– Hosting menjadi salah satu piranti wajib bagi seseorang yang ingin membangun website. Hosting ini layaknya hardisk penyimpanan di dunia maya.

Lantas apa yang perlu dipertimbangkan dan diperhitungkan di dalam memilih hosting yang baik dan tepat, tentunya sangat direkomendasikan.

1. Hardisk
Layaknya sebuah perangkat komputer, web hosting tentunya memiliki perangkat penyimpanan atau hard disk. Pertimbangan yang harus diperhatikan bagi kalian adalah memilih kapasitas memori disk yang memenuhi kebutuhan. Jika kalian adalah pebisnis yang setiap hari mengunggah konten baik video, audio, atau teks maupun gambar, maka perangkat ini menjadi sangat wajib dipertimbangkan pertama.

Pilihkan layanan hosting yang menyediakan kapasitas memori disk yang lebih besar. Biasanya penyedia layanan web hosting ini menyampaikan besaran kapasitas default dari program paket yang mereka miliki, namun tak jarang perusahaan penyedia layanan web hosting mencantumkan keterangan unlimited. Jika ada keterangan unlimited di paket layanan mereka, silahkan pilih karena biasanya untuk kapasitas 10-15 GB mereka masih melayani, meskipun faktanya keterangan unlimited itu hanya teknik bahasa marketing saja.

2. RAM
Random Access Memory (RAM) adalah perangkat yang juga wajib ada di server web hosting. Dengan perangkat ini, komputer akan menjalankan perintah dan fungsi di dalam piranti yang dilayaninya dalam waktu yang bersamaan. Untuk layanan web hosting tentunya kapasitas RAM menjadi pertimbangan penting apalagi bagi kalian yang rajin melakukan CRUD (creat, read, update, delete) di dalam sistem website yang akan dikelola nanti. Jika RAM semakin kecil maka performa website akan semakin rendah dan cenderung lemot alias lambat. Begitu juga sebaliknya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Saran kami, pilihlah hosting yang menawarkan kapasitas RAM di atas 1 GB.

3. Bandwidth
Di dalam pengelolaan sebuah halaman website, kecepatan akses data web di internet menjadi pertimbangan yang juga tak kalah penting. Semakin cepat website kalian dibuka oleh user di web browser maka semakin berpotensi pula user kalian akan mendapatkan informasi penting yang diunggah di halaman web tersebut.

Untuk menjaga kualitas kecepatan akses data web di internet adalah dengan memperhatikan layanan bandwidth. Karena komponen ini akan memastikan berapa besar jumlah komposisi transfer data dalam satuan bit per second (bps).

Biasanya, perusahaan penyedia layanan web hosting yang sudah mapan akan memberikan penawaran unlimited untuk layanan bandwidth yang diikutkan dalam bundling paket yang ada.

4. Security
Ini juga tidak kalah penting harus menjadi pertimbang yang matang di dalam memilih web hosting, yakni komponen keamanan.

Saran kami, sebaiknya kalian pilih web hosting yang meng-install perangkat keamanan seperti Security protector. Untuk generasi layanan web hosting era saat ini, biasanya penyedia hosting akan mencantumkan imunify360. Sementara itu, layanan akses SSL juga biasanya sudah ada di dalam paket bundling itu dan tersedia secara gratis.

Jika layanan web hosting yang kalian cari menawarkan pengamanan dari dua item tersebut, sebaiknya pilih saja.

5. Support 24 Jam
Yang sangat tidak kalah jauh penting lagi adalah layanan support dari tim baik billing maupun teknisi yang paling penting. Jika layanan web hosting kalian menawarkan layanan support 24 jam non stop, maka silahkan pilih saja karena keberadaan tim support mereka sangat penting untuk membantu ketika ada trouble atau error di dalam layanan hosting mereka. Baik terkena DDOS maupun yang lainnya yang berkaitan dengan komposisi layanan mereka. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: