Tips Memilih Pelatihan Kartu Prakerja yang Tepat

BNews—NASIONAL— Program Kartu Prakerja kini telah memasuki gelombang kelima. Pendaftaran telah ditutup pada Minggu (23/8) lalu, sementara hasilnya akan diumumkan pekan ini.

Bagi pelamar yang dinyatakan lolos, peserta akan mendapat melakukan pelatihan. Peserta harus memilih jenis pelatihan yang akan diikuti terlebih dahulu menggunakan saldo Kartu Prakerja.

Pelatihan yang dipilih dapat disesuaikan dengan keinginan, minat, atau pun pengembangan diri yang dibutuhkan. Pada program Kartu Prakerja, tersedia lebih dari 1.500 pelatihan dengan berbagai jenis materi.

Sementara itu, jumlah pelatihan yang dapat dipilih terbatas dengan saldo yang diterima oleh peserta yang lolos Kartu Prakerja, yaitu sebesar Rp 1 juta. Untuk itu, peserta perlu memilih pelatihan dengan bijak.

Peserta dapat memilih beragam jenis pelatihan melalui situs mitra platform digital. Borobudurnews.com telah merangkum dari berbagai sumber untuk memilih pelatihan yang tepat, yaitu sebagai berikut:

  • Bandingkan konten, silabus, harga, durasi, dan persyaratan dari setiap pelatihan
  • Periksa ulasan dan rating dari pengguna lain
  • Dengan saldo sebesar Rp 1 juta, peserta bebas memilih pelatihan, baik dari jumlah maupun harganya
  • Pastikan pelatihan yang dipilih menyediakan sertifikat
  • Pilih pelatihan sesuai minat
  • Tuntaskan pelatihan, ikuti evaluasi, dan dapatkan sertifikat kelulusan

Sementara untuk dapat membeli pelatihan yang dipilih, peserta harus memastikan bahwa saldo yang dimiliki atau yang tersisa masih cukup. Selain saldo yang cukup, dalam menggunakan saldo bantuan Kartu Prakerja.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah untuk merahasiakan nomor akun Kartu Prakerja dan kode OTP yang diterima. Hal tersebut penting dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan akun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. (*/rur)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: