Tips Mudah Memasak Sambal Terong Yang Menggugah Selera

BNews—TIPS—Terong merupakan bahan makanan yang tak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Rasanya yang unik tentu saja dapat menggugah selera makan.

Terong ini juga banyak mengandung manfaat untuk tubuh, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga dapat membuat kulit bersinar alami. Terong mengandung serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitronutien yang baik bagi jantung.

Selain bermanfaat, mengolah terong menjadi makanan yang lezat pun cukup mudah. Berikut ini tips memasak terong untuk dijadikan sajian sambal terong yang nikmat.

Bahan dan Bumbu

Siapkan dua terong ungu kemudian iris panjang sesuai selera.

Kemudian siapkan minyak goreng secukupnya.

Bumbu Halus

Loading...

Siapkan tiga siung bawang putih dan enam siung bawang merah.

Sepuluh buah cabai rawit.

Garam dan gula secukupnya.

Bila menyukai penyedap masakan, dapat menambahkan secukupnya.

Cara Membuat

Cuci bersih dua terong yang sudah dipotong sesuai selera. Kemudian haluskan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan.

Kemudian panaskan minyak goreng, tunggu beberapa saat hingga minyak siap untuk digunakan. Setelah minyak panas, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.

Masukkan potongan terong ke dalam bumbu, aduk rata kemudian tutup wajan. Sebaiknya memasak terong tersebut dengan api kecil.

Setelah beberapa menit, buka tutup wajan dan aduk rata tumis terong. Cicip sedikit, bila rasanya sudah sesuai selera, kemudian angkat tumis sambal terong yang telah matang dan sajikan selagi masih hangat.

Untuk mendapat rasa yang lebih menggugah selera, masakan ini dapat ditambahkan teri atau udang rebon kering. Kemudian sajikan dengan nasi yang masih hangat. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: