TMMD Reguler 112 dan Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 Kodim 0705/Magelang Resmi Ditutup

BNews—MAGELANG— Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 112 dan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 Kodim 0705/Magelang resmi ditutup pada Kamis (14/10/2021).

Penutupan TMMD kali ini dilaksanakan secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ditengah kondisi pandemi Covid-19. Acara digelar di Gedung Prajurit, Kompleks Kodim 0705/Magelang, Kamis (14/10/2021).

Komandan Kodim (Dandim) 0705/Magelang Letkol Arm. Rochmadi dalam sambutannya, mengungkapkan, tema TMMD kali ini adalah ‘TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri’.

”Makna yang terkandung dari tema tersebut sangat sesuai dengan kondisi Bangsa Indonesia saat ini. Dimana saat kondisi pandemi Covid-19 saat ini, diperlukan kerjasama sinergi, bahu membahu membangun negeri.

”Khususnya lagi pembangunan di tingkat desa dan kelurahan. Semoga semangat gotong royong membangun di tengah pandemi ini akan berdampak positif pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Selama kurang lebih satu bulan, kata dia, personel TMMD, TNI-Polri, pemerintah daerah, instansi terkait serta segenap komponen masyarakat saling bahu membahu menyelesaikan program TMMD ini.

”TMMD kali ini, dilaksanakan tersebar di wilayah Kabupaten dan Kota Magelang. Pembangunan sasaran fisik berupa pembangunan insfrastruktur sarana transportasi berupa cor blok jalan, saluran air, talut senderan, rehab rumah tak layak huni dan peningkatan saluran drainase,” kata Rochmadi.

Download Aplikasi BorobudurNews (Klik Disini)

Selain sasaran fisik, lanjutnya, adapula sasaran non fisik berupa khitanan massal, vaksinasi, bakti sosial, penanaman pohon, dan berbagai penyuluhan serta pelestarian budaya.

”Pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman integrasi bangsa,” imbuhnya.

Tambah Rochmadi, dalam acara penutupan TMMD ini, juga dilaksanakan bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung (btpklw). Yang mana penyalurannya secara simbolis di lokasi tersebut.

”Bantuan tunai sendiri diberikan kepada pedagang kali lima dan warung yakni 1.000 sasaran di Kota Magelang dan 6.500 sasaran di Kabupaten Magelang,” ujarnya.

Danrem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Afianto mengapresiasi kegiatan TMMD Reguler 112 dan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 Kodim 0705/Magelang.

”Saya apresiasi kepada Dandim untuk kegiatan selama TMMD ini bisa dilaksanakan dengan baik. Ucapan terima kasih juga saya ucapkan kepada masing-masing Pemda Kabupaten Magelang dan Kota Magelang serta forkopimda,” ucapnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: