Uji Swab di Jogja, 5 Taruna Akpol Positif Covid

BNews—NASIONAL—Sebanyak lima Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dikabarkan positif Covid-19. Para taruna tersebut saat ini sedang berada di Yogyakarta.

Wakil Gubernur Akpol Brigjen Agus Salim mengatakan ke-5 taruna tersebut sedang masa cuti sejak 18 Juli 2020 lalu. Sebelum diizinkan cuti, tepatnya pada 10 Juli 2020, 804 taruna dari tingkat II, III dan IV telah menjalani uji swab yang dilakukan Pusdokkes RS Bhayangkara Polri TK I Said Sukanto Jakarta.

 Hasil tes yang pada 14 Juli 2020, seluruh taruna dinyatakan negatif Covid-19. ”Jadi tanggal 18 Juli, mereka keluar sudah membawa hasil swab masing-masing, karena kita melakukan swab secara menyeluruh. Jadi taruna keluar dalam keadaan sehat,” kata Agus, kemarin (30/7/2020). Seperti dikutip dari Kompas.

Kemudian pada 25 Juli 2020, kelima taruna tersebut menjalani uji swab lagi di Yogyakarta. Hasilnya menyatakan mereka semua terkonfirmasi positif Covid-19.

”Hasil swab di Yogya betul positif. Namun asal-muasal terpapar dari mana belum bisa kita pastikan,” papar Agus.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Dia menjelaskan, pihaknya melalui jajaran Bid Dokkes Polda se-Indonesia mulai melakukan tracing terhadap riwayat kontak dan perjalanan kelima taruna yang positif tersebut. Selain itu, ia juga mengimbau seluruh tarunanya untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan.

”Pakai masker, membawa hand sanitizer, tiap dua jam cuci tangan. Terus jangan ke tempat banyak orang, biasa kan taruna nampangnya ke mal-mal itu kita larang. Ya tahan diri lah,” tandasnya.

Lanjutnya, bagi siswa yang cuti dan akan kembali ke Akpol sebelum 2 Agustus 2020 diwajibkan mengantongi surat keterangan sehat dan negatif Covid-19. Selama masa cuti, kata Agus, setiap hari dilakukan sterilisasi di lingkungan Akpol. Serta membatasi masyarakat yang biasanya olahraga di lingkungan Akpol. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: