UNIK !! Pemuda di Mertoyudan Magelang Gugah Sahur Dengan Kesenian Barong

BNews–MAGELANG-– Ada cara yang unik saat membangunkan waktu sahur di wilayah Magelang ini. Dimana rombongan pemuda ini berkeliling kampung dengan kesenian barong.

Ternyata kelompok pemuda tersebut tergabung dalam Kesenian Barong Pangrekso Budoyo Jowo yang disebut “Barong PBJ”. Mereka membuat acara yaitu “GUGAH SAHUR” di Dusun Digaten Desa Sukorejo Mertoyudan Magelang Minggu dini hari (16/4/2023).

Dengan busana kesenian barong lengkap dengan alat musiknya, para pemuda ini keliling kampung sekitar pukul 02.30 wib. Mereka berkeliling untuk membangunkan warganya yang umat muslim untuk sahur puasa di Bulan Ramadhan.

Wahyu Eko Raharjo Kepala Dusun Dogaten mengtakan dalam acara tersebut berjalan sangat antusias dengan dukungab kalangan masyarakat disekitarnya. Pasalnya hal tersebut dinilai hal yang positif.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan”GUGAH SAHUR” ini. Karena bisa menyatukan pemuda semakin Guyub Dan Rukun,” katanya.

Sementara itu Setyo Wiyono selaku Ketua RW di Dusun DOGATEN mengaku sangat bangga dan mendukung sekali. Yakni dengan adanya kegiatan positif yang dibroyo oleh pemuda setempat

“Wargaku unik dan kompak,” tambahnya,

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara pendiri kelompok seni tersebut, Makmum dan Fefri mengaku senang sekali bisa memperkenalkan kesenian Barong. Dimana kesenian tersebut asli berasal dari Jawa Timur.

Pemuda Dogaten Sukorejo Mertoyudan gugah sahur melalui media kesenian barong
Pemuda Dogaten Sukorejo Mertoyudan gugah sahur melalui media kesenian barong

“Semoga kesenian Barong ini lebih dikenal diJawa Tengah khususnya daerah Magelang dan sekitarnya.
Dan Semoga Kedepannya Kesenian Barong Ini Bisa Ikut meramaikan atau mengisi acara event2 karnaval dan kirab budaya Magelang,” tandasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!