Upaya Tingkatkan Sinergitas, Untidar Jalin Kerja Sama dengan Polres Magelang Kota

BNews—MAGELANG— Universitas Tidar (Untidar) Magelang dan Polres Magelang Kota menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di ruang rapat Rektorat pada Jumat (7/10/2022). Acara ini diinisiasi oleh Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma).

Dalam kesempatan ini, ditandatangani empat naskah kerja sama, yaitu MOU dan PKS antara Untidar dengan Polres Magelang Kota, MOU dan PKS antara Unimma dengan Polres Magelang Kota.

Acara ini dihadiri rektor kedua perguruan tinggi dan Kapolres Magelang Kota.  Kemudian Wakapolres Magelang Kota, Kabag Ops Polres Magelang Kota, Dekan FISIPOL Untidar, Dekan Fakultas Hukum Unimma. Kepala BAKPK Untidar, jajaran kepala kepolisian Sektor di wilayah Resor Magelang Kota, dan beberapa tamu undangan lainnya.

”Selama ini di lapangan, sebenarnya antara Untidar dan Polres Magelang Kota sudah banyak hal yang dikerjasamakan. Misal seperti vaksinasi COVID-19 dan sebagainya,” ujar Rektor Universitas Tidar, Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin dalam sambutannya.

Ia berharap penandatanganan kerja sama ini dapat memperkaya bidang kerjasamanya dan meningkatkan sinergisitas antara Untidar dengan Polres Magelang Kota, untuk kepentingan kedua pihak dan masyarakat.

”Penting bagi kita jika keberadaannya bermanfaat bagi lingkungan. Ini sesuai semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi,” imbuhnya.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Rektor Unimma, Dr. Lilik Andriani, M.Si., menyampaikan bahwa amanah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, terkait MBKM harus diimplementasikan secara nyata.

 ”Maka melalui kerja sama ini, setidaknya dapat menjembatani pelaksanaan MBKM tersebut. Beban 20 SKS di luar mata kuliah harus dicapai semua mahasiswa.” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Polres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K., M.M., menyebut kerja sama ini juga bisa meningkatkan kualitas SDM di institusinya. Dengan kehadiran mahasiswa magang akan melatih responsibility polisi dalam memberikan bimbingan.  

“Kami juga berharap ada penelitian dari Untidar dan Unimma terkait kepuasan masyarakat terhadap pelayanan POLRI. Ini penting bagi kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Apalagi saat ini POLRI sedang banyak disorot terkait kasus-kasus, baik perorangan maupun peristiwa yang ada,” ujar dia.

Sebagai informasi, Untidar dan Unimma sudah melakukan penandatanganan MOU pada tahun 2020 yang lalu bersama 8 Perguruan Tinggi di selingkar Magelang dan Akademi Militer. Sehingga di kesempatan ini belum diperlukan pembaruan kesepakatan. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: