Manfaatkan Lahan, Warga Salaman Kembangkan Agro Edu Wisata Krandan Ciblon Papringan

BNews—MAGELANG— Warga Desa Kebonrejo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang mengembangkan Agro Edu Wisata (AEW). Yakni yang diberi nama Krandan Ciblon Papringan (KCP).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Romza Ernawan mengatakan, inisiasi AEW ini lahir dari mimpi petani milenial Desa Kebonrejo. Dia menyebut, anggota KCP Kebonrejo adalah para pemuda wirausaha produktif yang selama ini sukses memasarkan aneka bibit tanaman buah melalui jaringan media sosial.

“KCP ini adalah contoh para pemuda yang mampu mengubah perilaku, pola pikir dan budaya mereka menghadapi revolusi digital,” Kata Romza saat menerima kunjungan Komisi B DPRD Kabupaten Kendal, Jumat (30/4/2021).

Romza menyebut, keberadaan pemuda yang mau bergerak di sektor pertanian saat ini sangat sedikit. Kendati demikian, KCP tersebut merupakan bukti kerja keras dan kerja cerdas kawula muda di sektor pertanian.

“Kami sudah banyak mendorong petani milenial di bidang hortikultura, tanaman pangan ternak perkebunan dan sebagainya,” ujarnya.

Konsep Agro Edu Wisata KCP Kebonrejo sendiri diciptakan lahan terbengkalai menjadi destinasi wisata. Selain sebagai sekolah lapang pertanian, diharapkan juga memberi nilai tambah ekonomi kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

“Tekad semangat cara pandang, cara pikir, perilaku budaya sudah digiring untuk mewujudkan KCP ini. Dinas Pertanian akan terus mendampingi ini,” tegas Romza.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Kendal Dian Alfath mengaku kagum dan salut dengan upaya menyadarkan masyarakat dalam memanfaatkan potensi kekayaan desa mereka. Ada kemandirian ekonomi masyarakat desa.

Menurutnya, proses panjang dan kreatif ini patut menjadi contoh untuk dikembangkan di wilayah lain khususnya di Kendal.

“Paling tidak ilmu dari sini dapat ditiru dan dimodifikasi untuk kemajuan di Kabupaten Kendal,” kata Dian. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: