Viral di TikTok, Begini Cara membuat Kalkulator Challenge

BNews—TEKNOLOGI— Belum lama ini, terdapat konten ajakan (challenge) bernama “Kalkulator Challenge” di TikTok. Tak sedikit konten kreator yang membuat challenge ini.

Isi konten dalam Kalkulator Challenge yakni ada pengguna yang menekan terus tombol sama dengan (=) pada aplikasi kalkulator di handphone (HP), sehingga menghasilkan perhitungan yang naik berturut atau berkelipatan.

Nah berikut ini cara membuat Kalkulator Challenge yang sedang ramai di TikTok.

  • Buka aplikasi kalkulator yang tersedia di HP. Biasanya, tiap HP punya aplikasi kalkulator bawaan.
  • Masukkan bilangan bebas sesuai keinginan, misal 2.
  • Masukkan rumus hitungan bilangan yang bisa menghasilkan peningkatan secara berkelipatan, misal rumus perkalian (x) atau penjumlahan (+).
  • Masukkan bilangan pengali atau penjumlah, misal 2.
  • Setelah bilangan dan rumus dimasukkan, silakan ketuk tombol sama dengan (=).
  • Ketuk terus tombol sama dengan untuk mendapatkan hasil perhitungan yang berkelipatan.

Namun tampaknya Kalkulator Challenge semacam ini tidak bisa dilakukan di semua jenis atau model HP. Fitur penjumlahan atau perkalian berturut secara otomatis yang digunakan untuk membuat Kalkulator Challenge hanya bisa diakses pada beberapa model HP, salah satunya seperti iPhone.

Cara di atas sendiri dijajal menggunakan aplikasi kalkulator bawaan pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 16. Selain iPhone, bisa juga pada aplikasi kalkulator bawaan di HP Samsung dengan versi sistem operasi Android 10 dan antarmuka One UI 2.5.

Sementara itu, beberapa model HP yang sudah sempat dicoba dan akhirnya tidak bisa menjalankan fitur untuk membuat Kalkulator Challenge, antara lain seperti HP Poco dan Redmi, dengan masing-masing menggunakan versi Android 12 dan Android 10. (*)

Sumber: kompas.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!