7 Buah Ini Dipercaya Ampuh Turunkan Kolesterol

BNews—MAGELANG— Kolesterol yang tinggi dapat ditandai dengan sejumlah gejala. Mulai dari nyeri pada kaki, tengkuk sering pegal, nyeri dada, sering kesemutan dan masih banyak lagi.

Namun, kolesterol tinggi secara umum disebabkan karena lalai menjaga kesehatan. Misalnya jarang berolahraga, sering merokok dan mengonsumsi makanan tinggi kolesterol.

Sejumlah makanan tinggi kolesterol tersebut termasuk gorengan, kulit ayam, jeroan dan lain-lain. Baik yang sudah memiliki kolesterol tinggi maupun tidak, sebaiknya mulai menjalani pola hidup sehat sejak dini.

Penting untuk mulai rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, terutama sayuran dan buah-buahan. Sementara itu, untuk mengetahui kadar kolesterol dan penanganannya, memang perlu pemeriksaan lebih lanjut secara medis.

Tapi, tahukah kamu jika sejumlah buah bisa membantu turunkan tingkat kolesterol yang tinggi? Berikut tujuh buah yang bisa bantu turunkan kolesterol tinggi seperti dikutip Borobudur News dari berbagai sumber, Selasa (27/9).

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak dan kerap dianggap kurang baik dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi. Namun, sebenarnya alpukat dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Penderita obesitas yang memiliki kolesterol tinggi, rutin mengonsumsi alpukat setiap hari malah menurunkan tingkat kolesterol. Dibandingkan orang-orang yang tidak mengonsumsi buah ini. Hal ini diungkap National Library of Medicine dalam penelitiannya.

Apel

Apel baik dikonsumsi setiap hari. Buah ini termasuk salah satu yang kaya kandungan pektin, yakni serat yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi.

Pisang

Pisang juga bisa jadi sumber serat pektin untuk tubuh. Pisang yang dikonsumsi sebaiknya yang tidak terlalu matang atau teksturnya sudah menjadi terlalu lembut.

Stroberi

Stroberi juga termasuk salah satu buah yang memiliki serat bernama pektin. Buah imut ini bisa membantu menurunkan kolesterol hingga sepuluh persen.

Pir

Mirip seperti apel, buah pir juga mengandung serat pektin yang begitu tinggi. Dan ternyata, pir tidak hanya bisa menurunkan kolesterol tinggi secara alami, tetapi juga bisa mencegah diabetes dan menurunkan berat badan.

Jeruk

Buah yang tinggi kandungan serat, utamanya serat bernama pektin memang sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol tinggi. Jeruk termasuk salah satunya. Buah ini cocok banget dikonsumsi setiap hari untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat pada tubuh.

Blueberry

Blueberry juga termasuk buah yang tinggi serat. Selain bisa menurunkan kolesterol tinggi, juga bisa mencegah penyakit jantung dan stroke. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: