VIRAL !! Video Kilatan Petir Di Atas Candi Borobudur, ini Faktanya

BNews–MAGELANG– Baru baru ini heboh sebuah video sebuah sambaran petir yang terlihat di atas Candi Borobudur Kabupaten Magelang. Untuk kejadiannya diketahui Sabtu malam kemarin (8/10/2022).

Kawasan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang pada Sabtu (8/10/2022) lalu disambar petir.

Seorang warganet sempat mengabadikan momen Candi Borobudur disambar petir saat cuaca buruk melanda wilayah Jawa Tengah. Rekaman video detik-detik sambaran petir yang menghujam Candi Borobudur tersebut kemudian diunggah oleh sejumlah akun media sosial.

Dalam video tersebut terlihat lidah petir menyambar puncak candi Borobudur namun tidak terjadi kerusakan di candi karena candi Borobudur sudah dilengkapi penangkal petir.

Sementara itu, Koordinator Pengamanan dan Penyelamantan Situs KCB Borobudur Rony Muhammad mengatakan; kalau kesaksian dari anggota kami pada hari itu memang tidak ada petir sama sekali.

“Dan secara teknis Candi Borobudur dilindungi penangkal petir sistem DOM. Jadi kalau tersambar petir pasti akan dilemparkan keluar tidak menuju ke arah candi,” katanya.

Ditambahkan juga oleh Polisi Khusus Cagar Budaya dan sebagai Komandan Pengamanan BKB Istoyo menyampaikan, terkait video tersebut.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Terkait video yang beredar lewat akun TikTok tersebut; intinya bahwa untuk candi borobudur dalam keadaan aman terkendali dan kondusif. Dan saat mendapat informasi tersebut saya selaku komandan keamanan langsung mengecek ke lokasi. dan tidak ditemukan sedikitpun kerusakan akibat petir,” jelasnya.

Ia menjelaskan, mungkin di saat itu ada kilatan, untuk posisinya kemungkinan jauh.  “Dan mungkin moment saat pengambilan video itu anggelnya pas diatas candi Borobudur,” imbuhnya.

Istoyo juga menyampaikan, pihaknya menegaskan bahwa candi borobudur tidak terkena petir dan tidak ada kerusakaan sedikitpun.

“Jadi saya menginformasikan bagi masyarakat yang akan datang dalam kondisi aman dan kondusif,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Wiwit Kasiyati mengaku kaget dengan kabar berita tersebut.

“Kami pun kaget, kemarin ada berita tersebut. Semalam baru menghadiri acara yang di Aksobya, teman-teman satpam pun juga di grup menyatakan nggak ada, nggak nyamber,” katanya (11/10/2022).

“Itu tidak benar beritanya Candi Borobudur ya. Umpamanya petir itu bukan editan barangkali itu petir, tapi posisi kilatannya kalaupun kena jauh di arah belakang Candi Borobudur. Entah di desa mana, di wilayah mana, tapi kalau itu petir menyambar tidak mengenai candi. Aman-aman saja candinya utuh,” ujar Wiwit.

Disebutnya, Candi Borobudur sudah dipasangi penangkal petir. Penangkal petir tersebut dipasang di atas stupa induk Candi Borobudur.

“Ada penangkal petirnya. Kalau kena (Candi Borobudur) nggak benar, tapi kalau memang ada petir malam Minggu; kalau memang benar ya itu posisinya jauh di belakang candi. Kalau dilihat dari ini dia (perekam video) ngambil gambar dari concourse sekitar situ. Jadi itu ada di belakang candi, nggak tahu di desa mana kejadiannya,” tuturnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!