Vita Ervina Buka Bimtek Peningkatan Mutu dan Nilai Tambah Produksi Ikan Air Tawar di Magelang

BNews–MAGELANG-– Komoditas perikanan khususnya ikan air tawar di wilayah Kabupaten cukup tinggi. Pasalnya secara geografis sangat menguntungkan untuk usaha di bidang perikanan dengan mata air yang melimpah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Jodi Indarto. Yakni saat menghadiri bimbingan teknis (Bimtek) Mutu dan Nilai Tambah Produk Perikanan yang digelar di Kabupaten Magelang , pada Selasa (11/10/2022).

“Berbagai jenis ikan terutama air tawar seperti ikan lele, nila, patin, dan tawes menjadi komoditi unggulan. Bahkan, wilayah ini menjadi satu di antara pemasok tertinggi kebutuhan ikan di Jawa Tengah (Jateng),” katanya.

Berdasarkan pendataan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang , pada 2021 rata-rata hasil perikanan komsumsi mencapai 25.000 ton. Sedangkan, ikan tangkapan mencapai 300 ton.

Namun Joni menyayangkan dengan potensi hasil perikanan tidak diimbangi dengan nilai konsumsi ikan di mayarakat. “Nilai konsumsi ikan di wilayah Kabupaten Magelang masih tergolong rendah. Pada 2021, hanya 19000 kilogram/kapita tidak sesuai dengan hasil perikanannya,” terangnya, pada Selasa (11/10/2022).

Padahal dengan jumlah hasil perikanan yang cukup tinggi, kata dia, setidaknya nilai konsumsi ikan di Kabupaten Magelang mencapai 21000 kilogram/per kapita.

Rendahnya nilai konsumsi ikan di Kabupaten Magelang, lanjutnya, turut dipengaruhi kurangnya inovasi produk perikanan. “Magelang memiliki potensi yang besar namu masih kesulitan untuk mengolah bahan baku ikan menjadi produk permakanan,” ungkapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Adanya kesulitan itu, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang menggandeng anggota Komisi IV DPR RI. Yakni di Dapil Jateng VI dari Fraksi PDI-Perjuangan Vita Ervina untuk bekerjasama.

Kerjasama itu diwujudkan dalam gelaran latihan bimbingan teknis (Bimtek) Mutu dan Nilai Tambah Produk Perikanan yang digelar di Kabupaten Magelang , pada Selasa (11/10/2022).

Anggota Komisi IV DPR RI, Dapil Jateng VI dari Fraksi PDI-Perjuangan Vita Ervina mengatakan; diadakannya kegiatan ini untuk mendorong masyarakat agar tidak hanya terpaku dengan produk ikan segar.

“Selama ini, masyarakat lebih terbiasa mengonsumsi produk ikan segar saja. Padahal ikan segar itu bisa diolah menjadi apa saja, tidak hanya sebatas masakan tetapi juga bisa makanan ringan atau snack yang bisa digemari lebih banyak usia,”ucapnya.

Maka dengan adanya pelatihan ini, kata dia, diharapkan bisa mendapatkan ilmu untuk mengembangkan potensi-potensi ikan yang ada di Kabupaten Magelang .

Dengan harapan, dapat mendorong masyarakat untuk lebih berinovasi dan berkreasi.

“Kegiatan ini, diikuti oleh ibu-ibu PKK, kelompok pengelola pemasaran, dan pelaku perikanan. Nantinya, output yang ingin dicapai dari pelatihan ini ada kemandirian ekonomi bagi masyarakat. Karena, ketika sudah menjadi produk permakanan tentu akan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi,” tambahnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!