Wahana Air Tileng Water Park di Tempuran Rekomended Dikunjungi

BNews—TEMPURAN— Wisata air di Kabupaten Magelang terus bertambah. Meskipun wilayah Kabupaten Magelang terkenal dengan wilayh yang dikeliling gunung dan pegunungan, namun wisata air tetap ada.

Salah satunya yang baru muncul di wilayah sisi Barat Kabupaten Magelang ini. Destinasi Wisata Tileng Water Park hadir di Dusun Rejosari, Desa Temanggal Kecamatan Tempuran. Dimana merupakan salah satu wisata air yang ada dan dikelola oleh masyarakat dengan swadaya.

Destinasi Wisata Air ini resmi dibuka pada 22 Agustus 2019 lalu. Berlokasi di bekas lahan pertanian seluas 3500 meter persegi yang kurang produktif. Lokasi itu disulap menjadi wisata air Tileng Water Park oleh warga dan pemerintahan desa Temanggal.

Tileng Water Park memanfaat sumber air dari Sungai Tileng yang alirannya deras berasal dari mata air Winong. Berlokasi di tengah-tengah lahan persawahan lain disekitarnya, membuat lokasi ini semakin tampak asrinya. Ditambah rimbunya pepohonan di sekitarnya tentunya membuat sejuk dan nyaman jauh dari perkotaan.

Loading...

Dengan air yang jernih dan terbias berwarna biru jika terkena sinar matahari dipadukan dengan warna-warninya bunga Selosia di sekitarnya. Tidak hanya kolam bermain, namun disisi lainnya terdapat kolam pemancingan ikan dan wahana becak air.

Sekertaris Desa Temanggal, Sugeng mengatakan bahwa pemabngunan Taman Air Tileng atau Tileng Water Park ini berawal dari rasa keprihatinan warga dan pemerintahan Desa terkait Pendapatan Asli Desa (PAD) yang rendah. “Setahun PAD dari Desa Temanggal ini tidak lebih dari RP 250 ribu, Desa juga tidak memiliki lahan bengkok dan hanya ada lahan kritis yang tak termanfaatkan,” katanya.

Karena hal tersebut tentunya Kas Desa sangatlah minim. “Atas dasar awal itulah, Pemdes dan beberapa tokoh masyarakat berkumpul untuk mencari solusi bagaimana mengatasi permasalahan tersebut. Dan mereka belajar dari Desa-Desa lain yang mampun maju dan berkembang dari sektor Wisata,” imbuhnya.

BACA JUGA : MISTERI KOBARAN API YANG NAIK KE ATAS MERAPI

Dari itulah ide dan gagasan membuat sebuah Destinas Wisata di Desa muncul. “Atas kesepakatan bersama, persiapan matang, dan usulan masuk RPJMDes dan disetujui tahun 2017 program destinasi wisata ini dilakukan. Dan Alhamdulillah tahun 2019 ini selesai dibangun dan bisa beroperasi,” paparnya.

Tileng Water Park saat ini sudah beroperasi dengan biaya tiket masuk Rp.5000,-. Di destinasi ini terdapat beberapa wahana yakni Dua kolam renang yakni untuk Dewasa dan Anak-anak. Terdapat juga kolam pemancingan dan tiga wahana becak air yang dapat ditumpangi pengunjung. Beberapa fasilitas seperti gazebo, toilet, kamar ganti dan taman bunga.

Dan saat ini lokasi dikelola dibawah naungan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Temanggal. “Kami juga tetap libatkan masyarakat sekitar, makanan dan minuman yang dijualpun dikelola oleh Ibu Ibu PKK,” jelasnya.

“Semoga dengan adanya Destinasi Wisata Tileng Water Park ini perekonomian masyarakat dapat berkembang, serta PAD Desa juga bertambah,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: