Wajib Diketahui! Ini 5 Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan

BNews—KESEHATAN— Citrus hystrix atau yang lebih dikenal dengan jeruk purut adalah buah tropis yang bisa ditemukan di berbagai belahan Asia, termasuk Indonesia. Buah ini sering digunakan untuk menambah cita rasa masakan, karena memiliki rasa asam yang khas dan menyegarkan.

Manfaat kesehatan jeruk purut tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Tidak hanya buahnya, berbagai nutrisi baik juga terdapat dalam daun, minyak dan kulit jeruk purut. Dalam sebuah jeruk purut berukuran rata-rata, terkandung, 20 kalori, 7 gram karbohidrat, 0,5 gram protein, 1,9 gram serat.

Kemudian, Vitamin C yang bisa memenuhi 22 persen dari rekomendasi harian. Vitamin B6 sebanyak 2 persen dari rekomendasi harian dan sedikit zat besi, kalsium, serta potasium.

Tidak hanya itu, jeruk purut juga mengandung alkaloid, sitrolenol, limonene, nerol, dan senyawa organik lainnya yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri. Tidak heran bila buah dengan tekstur kulit yang unik ini bisa memberi manfaat dan khasiat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat jeruk purut untuk kesehatan tubuh:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jeruk purut memiliki senyawa antioksidan alami dan sifat antibakteri yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Buah ini sering digunakan sebagai pengobatan tradisional di Asia untuk membantu mencegah penyakit umum, seperti pilek atau flu, serta penyakit pencernaan.

Membantu Membersihkan Darah

Jeruk purut juga bermanfaat untuk membersihkan darah dan menghilangkan patogen yang bisa ditularkan melalui darah. Minyak yang diekstraksi dari tanaman buah ini bisa dicampur dalam berbagai ramuan herbal atau digunakan sendiri untuk mengobati penyakit kronis yang berhubungan dengan darah.

Manfaat kesehatan buah ini berkat senyawa volatile yang bisa membantu membasmi bakteri dan patogen lain yang ditemukan dalam darah. Senyawa tersebut juga bisa membantu detoksifikasi sistem limfatik dan hati sambil meningkatkan kesehatan umum kamu secara keseluruhan.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Jeruk purut mengandung berbagai senyawa obat, termasuk limonene, nerol, dan citronellol. Senyawa organik ini dipercaya bersifat anti-inflamasi dan juga bisa merangsang sistem pencernaan.

Bila kamu mengalami sembelit atau gangguan pencernaan, rebusan beberapa daun jeruk purut bisa meredakan gejala yang kamu alami dan membantu membuat usus kembali sehat.

Meningkatkan Kesehatan Mulut dan Gigi

Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut adalah salah satu manfaat utama jeruk purut. Namun, bukan buahnya yang bisa memberikan manfaat tersebut, melainkan daun dan kulitnya yang digunakan.

Daun jeruk purut bisa langsung dioleskan ke gusi untuk meningkatkan kesehatan mulut dan menghilangkan bakteri berbahaya yang bisa menumpuk di gigi. Selain itu, minyak yang diekstrak dari jeruk purut juga bisa dicampur dengan pasta gigi organik dan obat kumur untuk perawatan mulut dan gusi yang lebih efektif.

Mengurangi Peradangan

Bagi kamu yang mengidap rematik, radang sendi, edema, asam urat, atau kondisi peradangan lainnya, jeruk purut bisa menjadi obat yang efektif.

Cara menggunakannya, kamu bisa mengaplikasikan jus, daun, atau ekstrak minyaknya secara topikal pada area di mana kamu mengalami ketidaknyamanan atau rasa sakit. Kamu juga bisa mengonsumsi buah dan jus jeruk purut untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Itulah manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi jeruk purut. Meskipun buah yang satu ini sering digunakan sebagai obat tradisional, beberapa manfaat jeruk purut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. (*)

Sumber: halodoc

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: