Samsung Galaxy S20 Ultra Bisa Zoom Hingga 5 Kilometer

BNews–TEKNO– Salah satu handphone kelas atas ini memang istimewa. Kemampuan kamera yang dimilikinya bisa zoom hingga 100 x atau berjarak hingga 5 kilometer.

Smartphone Samsung, Galaxy S20 Ultra, menyebutnya dengan julukan “Space Zoom 100x”. Tingkat zoom itu merupakan yang paling tinggi di antara smartphone lain di pasaran sekarang.

Bagaimana cara Samsung mewujudkannya? Galaxy S20 Ultra sebenarnya memiliki lensa telephoto dengan tingkat zoom optik sebesar 4x (bidang pandang 24 derajat, f/3.5, OIS), tapi Samsung menggunakan trik hardware dan software untuk memperjauh jangkauannya.

Dijelaskan bahwa yntuk tingkat zoom dari 4x hingga 10x, Samsung menerapkan teknologi “Hybrid Optical Zoom” yang menggabungkan zoom optis lensa telephoto dengan pembesaran digital. Dalam hal ini, resolusi sensor kamera telephoto yang mencapai 48 megapiksel membantu agar kuaitas gambar tak terlalu menurun meski dilakukan digital zooming (cropping).

Samsung sendiri mengklaim bahwa pembesaran zoom hingga 10x di Galaxy S20 Ultra bersifat lossless, alias tanpa mengalami penurunan kualitas. Dari pengamatan KompasTekno, hasil foto antara tingkat zoom 4x dengan 10x memang hampir tidak terlihat bedanya. Selain perbedaan exposure karena perbedaan area framing, foto zoom 4x dan 10x menampilkan ketajaman dan detil yang identik, seperti pada contoh di samping.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Lain cerita dengan zoom antara 1x hingga 3,9x. Kamera telephoto Galaxy S20 Ultra baru akan aktif ketika tingkat zoom menyentuh angka 4x. Sebelum itu, yang digunakan untuk zooming adalah kamera wide 108 megapiksel dengan pembesaran digital.

Meski resolusi awalnya tinggi, tak urung ada penurunan kualitas dari proses pembesaran digital. Bedanya cukup kentara dibandingkan tingkat zoom 4x, saat kamera telephoto mulai aktif, sebagaimana tampak dalam gambar di bawah.

“Space Zoom 100x” Bagaimana dengan zoom selanjutnya yang bisa mencapai 100x (dibandingkan kamera wide dengan bidang pandang 79 derajat)?. Mulai tingkat zoom 10x hingga 100x, Samsung menggunakan pembesaran digital dibantu AI dan algoritma software yang disebut sebagai “Super Resolution Zoom”.

Tingkat zoom yang mencapai 100x itu bisa memotret obyek berjarak sangat jauh, hingga mencapai ratusan meter, dengan pembesaran secara digital. Perlu ditambahkan bahwa semakin tinggi tingkat zoom, maka semakin terasa pula goyangan tangan saat membidik foto.

Agar lebih stabil, ada baiknya Galaxy S20 Ultra dipasangkan ke tripod. Untuk mempermudah pengguna dalam membidik gambar di tingkat zoom tinggi, Galaxy S20 Ultra menyediakan jendela preview kecil yang akan muncul di pojok kiri atas tampilan kamera saat zoom melewati angka 20x.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Jendela ini menampilkan frame keseluruhan dari kamera telephoto (4x), berikut area gambar yang sedang dijadikan posisi zoom, ditandai persegi panjang kecil di tengah crosshair. Pengguna pun bisa melihat jendela untuk mengarahkan kamera ke obyek yang hendak dibidik dengan mudah, tanpa harus repot-repot zoom-out dulu, kemudian baru zoom-in kembali ke obyek. Identik dengan hasil pembesaran sendiri.

Untuk pasaran harga di Indonesia sendiri dibilang masih cukup tinggi. Smarphone Samsung, Galaxy S20 Ultra ini dibandrol masih dengan harga Rp 18.499.000, hingga update bulan Februari 2020. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: