Wakapolri : Lonjakan Arus Pemudik Sudah Terjadi Sejak 19 Desember Lalu

BNews–NASIONAL-– Memasuki libur natal dan tahun baru, pengamanan di Pelabuhan Merak Banten ditinju. Hal ini dilakukan Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono beserta jajaran kemarin (24/12/2020)

Rombongan mengecek kesiapan pelabuhan penyeberangan merak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, mengecek kesiapan Personel dalam bertugas; dan mengecek kesiapan alat yang digunakan dalam bertugas di lapangan.

“Kalau tadi kita melihat  arus lalu lintas di jalan tol tidak terlalu padat dan masih normal saja, begitu juga kita lihat di pelabuhan-pelabuhan tidak terlalu tinggi saat hari ini,” ungkap Gatot.

Gatot menjelaskan bahwa Puncak arus mudik Nataru sudah terjadi pada 19 Desember 2020, lonjakan penumpang terjadi pada kendaraan pribadi dan Truck yang mengalami kenaikan 59%. Penumpang pejalan kaki justru mengalami penurunan mencapai 66% dibanding tahun lalu.

“Dalam mengatasi Libur Natal dan Tahun Baru di kepolisian bersama TNI dan Instansi terkait melaksanakan operasi lilin 2020 yang dilaksanakan selama 15 hari. Yakni mulai dari tanggal 21 Desember 2020 hingga dengan tanggal 4 Januari 2021,” Ujar gatot.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Selanjutnya gatot mengimbau kepada masyarakat agar tak pergi liburan keluar rumah dan pulang kampung pada libur Natal dan Tahun Baru 2021. Mengingat kasus penyebaran virus Covid-19 belum menunjukkan tren menurun.

“Kita mengimbau kepada masyarakat kalau bisa ya di rumah saja, tidak usah berlibur, tidak usah pulang kampung. Dan merayakan Natal juga di rumah,” kata Gatot.

Lebih lanjut gatot mengatakan Jika terpaksa keluar rumah untuk mudik dan berlibur, masyarakat diminta mematuhi protokol kesehatan. Yaitu seperti cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan memakai masker.

“Tapi kalaupun ada yang melaksanakan kegiatan berlibur atau pulang kampung tolong dipatuhi yang namanya protokol kesehatan COVID-19,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: