Warga Magelang Berpeluang Dapat Booster Vaksin Moderna

BNews—MAGELANG— Warga Kota Magelang nontenaga medis berpeluang mendapatkan layanan vaksinasi dosis ketiga. Rencana kesempatan bagi masyarakat umum ini akan dibuka di sejumlah titik.

Walikota Magelang dr Muhammad Nur Aziz menyampaikan, jenis vaksin yang akan diberikan pada suntikan dosis ketiga untuk masyarakat umum ini adalah vaksin Moderna. Ini merupakan vaksin serupa yang juga diberikan tenaga kesehatan (nakes).

Berdasarkan pengalamannya yang sudah mendapatkan booster atau suntikan dosis ketiga, vaksin Moderna memberikan efek samping, seperti demam dan pegal-pegal di badan. Namun, dampak tersebut tidak menurunkan semangat untuk melakukan vaksinasi karena efek samping yang dirasakan tidak membahayakan.

Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang juga berupaya menggenjot capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua. Upaya percepatan, antara lain dilakukan dengan terus intens melakukan vaksinasi massal di berbagai tempat, termasuk di puskesmas-puskesmas.

”Dengan terus menggencarkan kegiatan vaksinasi massal, target sasaran vaksinasi diharapkan bisa tercapai pada September mendatang,” terang Aziz di sela-sela acara vaksinasi massal dosis kedua di Taman Kyai Langgeng, Minggu (22/8).

Dari target sasaran 98.184 orang, jumlah warga yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama baru mencapai 35.207 orang. Sementara yang sudah mendapatkan dosis kedua baru mencapai 22.143 orang.

”Jumlah warga tervaksinasi hingga akhir Agustus ini diperkirakan mencapai 40 persen dari target,” ungkapnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang Intan Suryahati mengatakan, saat ini pihaknya sudah menerima 200 vial. Atau sekitar 2.800 dosis vaksin Moderna yang diperuntukkan bagi tenaga di bidang kesehatan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

”Jumlah tersebut masih kurang dari kebutuhan karena keseluruhan jumlah tenaga di bidang kesehatan mencapai sekitar 4 ribu orang,” katanya.

Di luar itu, dari Polda Jateng dan Polres Magelang Kota juga sudah mendapatkan 500 vial vaksin Moderna. Di Kota Magelang, vaksin tersebut akan digunakan untuk vaksinasi dosis pertama dan kedua bagi masyarakat umum.

”Untuk vaksinasi dosis pertama dan kedua, kini memang hanya tinggal tersedia vaksin Moderna dan AstraZeneca. Vaksin Sinovac yang ada hanya cukup untuk kebutuhan vaksinasi dosis kedua saja,” ujarnya.

Kapolres Magelang Kota Asep Mauludin mengatakan, 500 vial vaksin Moderna yang akan dibagi dengan Pemerintah Kota Magelang. Nantinya digunakan untuk kegiatan vaksinasi massal yang saat ini hampir setiap hari dilaksanakan Polres Magelang Kota.

”Dalam kegiatan vaksinasi di Polres Magelang Kota, vaksin Moderna tersebut nantinya bisa digunakan untuk vaksinasi dosis pertama, kedua, atapun ketiga,” pungkasnya. (ifa/han)

Sumber: Kompas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: